Tugas Guru Saat PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) COVID-19
20_06
Edit
Berikut mediailmu22 akan menshare tugas guru saat PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh pada penanganan COVID-19, selain itu nanti mediailmu22 juga akan menshare RPP PJJ tahun ajaran baru. semoga bermanfaat !!
Guru memfasilitasi pelaksanaan PJJ secara daring, luring, mupun kombinasi keduanya sesuai kondisi dan ketersediaan sarana pembelajaran.
1. Menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh
Referensi perencanaan PJJ baik secara daring maupun luring dapat dilihat pada portal Guru Berbagi https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/. Dalam menyiapkan pembelajaran, guru perlu memastikan beberapa hal berikut:
a. memastikan kompetensi pembelajaran yang ingin dicapai. dilarang memaksakan penuntasan kurikulum dan fokus pada pendidikan kecakapan hidup.
b. menyiapkan materi pembelajaran. Dalam pelaksanaan BDR, materi dapat difokuskan pada:
1) literasi dan numerasi;
2) pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19;
3) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas);
4) kegiatan rekreasional dan aktivitas fisik;
5) spiritual keagamaan; dan/atau
6) penguatan karakter dan budaya.
c. menentukan metode dan interaksi yang dipakai dalam penyampaian pembelajaran melalui daring, luring, atau kombinasi keduanya.
d. menentukan jenis media pembelajaran, seperti format teks, audio/video simulasi, multimedia, alat peraga, dan sebagainya yang sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan; dan
e. guru perlu meningkatkan kapasitas dengan mengikuti pelatihan daring yang disediakan oleh pemerintah maupun lembaga nonpemerintah guna mendukung keterampilan menyelenggarakan PJJ pada situasi darurat COVID-19.
2. Fasilitasi pembelajaran jarak jauh daring
Waktu pembelajaran daring sepanjang hari menyesuaikan ketersediaan waktu, kondisi, dan kesepakatan peserta didik dan orangtua/walinya. Proses pembelajaran daring terdiri atas:
a. tatap muka Virtual melalui video conference, teleconference, dan/atau diskusi dalam group di media sosial atau aplikasi pesan. Dalam tatap muka virtual memastikan adanya interaksi secara langsung antara guru dengan peserta didik.
b. Learning Management System (LMS). LMS merupakan sistem pengelolaan pembelajaran terintegrasi secara daring melalui aplikasi. Aktivitas pembelajaran dalam LMS antara lain pendaftaran dan pengelolaan akun, penguasaan materi, penyelesaian tugas, pemantauan capaian hasil belajar, terlibat dalam forum diskusi, konsultasi dan ujian/penilaian. Contoh LMS antara lain kelas maya rumah belajar, google classroom, ruang guru, zenius, edmodo, moodle, siajar LMS seamolec, dan lain sebagainya.
Berikut langkah-langkah pelaksanaan PJJ daring oleh pendidik:
Pra pembelajaran
|
Saat pembelajaran
|
Usai pembelajaran
|
|
Tatap muka
virtual
|
LMS
|
||
1. Siapkan
nomor
telepon orang
tua/wali peserta didik atau
peserta didik dan
buat grup
WhatsApp
(atau aplikasi
komunikasi lainnya)
sebagai
media interaksi
dan komunikasi.
2.
Diskusikan dengan
orang
tua/wali peserta didik atau
peserta didik:
a.
ketersediaan
gawai/laptop/ komputer dan
akses internet;
b.
aplikasi media pembelajaran
daring yang
|
1. Periksa
kehadiran
peserta
didik
dan pastikan
peserta
didik
siap mengikuti
pembelajaran.
2.
Mengajak
peserta
didik
berdoa sebelum dan sesudah
pembelajaran.
3.
Penyampaian
materi sesuai
dengan metode
yang
digunakan.
4.
Selalu berikan
kesempatan pada peserta
didik untuk bertanya,
mengemukakan pendapat, dan/atau
|
1. Komunikasi
dengan orang
tua/wali peserta
didik atau
peserta
didik
terkait penugasan belajar.
2. Berkomunikasi
dengan orang
tua/wali peserta
didik atau
peserta
didik
memastikan
peserta
didik
siap mengikuti pembelajaran
dan mengakses LMS.
3. Memantau
aktivitas peserta
didik dalam LMS.
4. Membuka layanan
|
1. Setiap
peserta
didik mengisi lembar aktivitas
sebagai bahan pemantauan
belajar
harian.
2.
Mengingatkan orang tua/wali peserta didik atau peserta
didik untuk mengumpulkan foto lembar aktivitas
dan
penugasan.
3.
Memberikan umpan
balik terhadap
hasil karya/tugas peserta
didik/lembar
refleksi
pengalaman belajar.
|
Pra pembelajaran
|
Saat pembelajaran
|
Usai pembelajaran
|
|
Tatap muka
virtual
|
LMS
|
||
akan
digunakan;
c. cara penggunaan aplikasi daring;
d.
Materi dan
jadwal pembelajaran
daring.
3.
Buat RPP yang
sesuai dengan
kondisi dan
akses pembelajaran
daring.
4. Memastikan
orang
tua/wali
peserta
didik atau peserta
didik mendukung
proses pembelajaran daring.
|
melakukan
refleksi.
|
konsultasi
bagi
peserta didik
yang
mengalami kesulitan.
|
3. Fasilitasi pembelajaran jarak jauh luring
Proses
Pembelajaran luring dapat
dilaksanakan dengan: (a) menggunakan media buku,
modul dan bahan ajar dari lingkunan sekitar; (b) menggunakan media televisi;
dan (c) menggunakan radio.
a. langkah
fasilitasi PJJ luring menggunakan
media buku, modul dan bahan ajar dari lingkunan sekitar
|
Pra pembelajaran
|
Saat pembelajaran
|
Usai pembelajaran
|
4. Jadwal pembelajaran
dan
penugasan belajar diambil oleh orang tua/wali
peserta didik
sekali seminggu di
akhir
minggu dan atau
disebarkan melalui
media komunikasi
yang tersedia.
5.
Guru dan orang tua/wali peserta didik
yang bertemu
untuk
menyerahkan jadwal
dan penugasan diwajibkan
melakukan prosedur keselamatan pencegahan COVID-19.
|
didik untuk
melakukan pengecekan dan
pendampingan belajar.
Jika ini dilaksanakan, wajib melakukan
prosedur pencegahan
penyebaran COVID-
19.
3. Berdoa bersama
sebelum dan sesudah belajar.
|
lembar
pemantauan harian.
3.
Penugasan diberikan
sesuai dengan jadwal
4.
Muatan penugasan
adalah pendidikan kecakapan hidup,
antara lain mengenai pandemi COVID-19. Selain
itu, perlu dipastikan adanya
konten rekreasional dan
ajakan melakukan olahraga/
kegiatan fisik dalam upaya
menjaga kesehatan mental
dan fisik peserta didik
selama periode
BDR.
5.
Hasil penugasan
berikut lembar pemantauan
aktivitas harian
dikumpulkan setiap akhir minggu
sekaligus
mengambil jadwal
dan penugasan untuk minggu berikutnya. Ini
dapat juga dikirim melalui
alat komunikasi.
|
b.
Langkah
fasilitasi pembelajaran jarak jauh
luring menggunakan televisi dan radio
waktu
pembelajaran
dan
pengerjaan
tugas
disesuaikan
dengan
jadwal
tayang/siaran dan waktu pengumpulan tugas setiap akhir minggu atau disesuaikan dengan kondisi
peserta didik ketersediaan waktu
peserta didik dan orang tua/wali.
Pra-pembelajaran
|
Saat pembelajaran
|
Usai pembelajaran
|
1. Mendapatkan
informasi mengenai jadwal pembelajaran melalui televisi/radio.
2.
menyosialisasikan
jadwal pembelajaran
kepada orang tua/wali
dan peserta didik.
|
1. Guru ikut 1
menyaksikan
pembelajaran 2
Televisi/Radio
2.
Guru mencatat
pertanyaan/ 3 penugasan
yang diberikan di akhir
pembelajaran
3.
Guru membuat
tugas tambahan
informasi berdasarkan pembelajaran
televisi/radio (jika dibutuhkan)
4.
Berdoa sebelum dan
sesudah belajar.
|
.
Guru membuat kunci
jawaban atas
penugasan
. Mengumpulkan hasil
penugasan sesuai
dengan
waktu yang ditentukan.
. Penilaian dilakukan dengan
mempertimbangkan ketuntasan seluruh aktivitas dan
penugasan
|