Tugas Guru Saat PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) COVID-19



Berikut mediailmu22 akan menshare tugas guru saat PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh pada penanganan COVID-19, selain itu nanti mediailmu22 juga akan menshare RPP PJJ tahun ajaran baru. semoga bermanfaat !!

rpp pjj


Guru   memfasilitasi   pelaksanaan   PJJ   secara   daring,   luring,   mupun kombinasi keduanya sesuai kondisi dan ketersediaan sarana pembelajaran.

1. Menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh

Referensi perencanaan PJJ baik secara daring maupun luring dapat dilihat pada portal Guru Berbagi https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/. Dalam menyiapkan pembelajaran, guru perlu memastikan beberapa hal berikut:

a. memastikan kompetensi pembelajaran yang ingin dicapai. dilarang memaksakan penuntasan kurikulum dan fokus pada pendidikan kecakapan hidup.

b.  menyiapkan materi pembelajaran. Dalam pelaksanaan BDR, materi dapat difokuskan pada:

1)  literasi dan numerasi;

2)  pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19;

3)  Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas);

4)  kegiatan rekreasional dan aktivitas fisik;

5)  spiritual keagamaan; dan/atau

6)  penguatan karakter dan budaya.

c.   menentukan metode dan interaksi yang dipakai dalam penyampaian pembelajaran melalui daring, luring, atau kombinasi keduanya.

d.  menentukan   jenis   media   pembelajaran,   seperti   format   teks, audio/video simulasi, multimedia, alat peraga, dan sebagainya yang sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan; dan

e.   guru  perlu  meningkatkan  kapasitas  dengan  mengikuti  pelatihan daring yang   disediakan   oleh   pemerintah   maupun   lembaga nonpemerintah guna mendukung keterampilan menyelenggarakan PJJ pada situasi darurat COVID-19.

2. Fasilitasi pembelajaran jarak jauh daring

Waktu pembelajaran daring sepanjang hari menyesuaikan ketersediaan waktu, kondisi, dan kesepakatan peserta didik dan orangtua/walinya. Proses pembelajaran daring terdiri atas:

a.   tatap muka Virtual melalui video conference, teleconference, dan/atau diskusi dalam group di media sosial atau aplikasi pesan. Dalam tatap muka virtual memastikan adanya interaksi secara langsung antara guru dengan peserta didik.

b. Learning Management System (LMS). LMS merupakan sistem pengelolaan pembelajaran terintegrasi secara daring melalui aplikasi. Aktivitas pembelajaran dalam LMS antara lain pendaftaran dan pengelolaan                      akun,      penguasaan   materi,   penyelesaian   tugas, pemantauan  capaian  hasil  belajar,  terlibat dalam forum diskusi, konsultasi dan ujian/penilaian. Contoh LMS antara lain kelas maya rumah belajar, google classroom, ruang guru, zenius, edmodo, moodle, siajar LMS seamolec, dan lain sebagainya.


Berikut langkah-langkah pelaksanaan PJJ daring oleh pendidik:

Pra pembelajaran
Saat pembelajaran
Usai pembelajaran
Tatap muka
virtual
LMS
1. Siapkan    nomor
telepon       orang tua/wali  peserta didik            atau peserta didik dan buat            grup WhatsApp   (atau aplikasi komunikasi lainnya)   sebagai media    interaksi dan komunikasi.
2. Diskusikan dengan       orang tua/wali  peserta didik            atau peserta didik:
a. ketersediaan gawai/laptop/ komputer  dan akses internet;
b. aplikasi  media pembelajaran daring      yang
1. Periksa
kehadiran peserta      didik dan      pastikan peserta      didik siap   mengikuti pembelajaran.
2. Mengajak peserta      didik berdoa  sebelum dan      sesudah pembelajaran.
3. Penyampaian materi     sesuai dengan   metode yang
digunakan.
4. Selalu    berikan kesempatan pada      peserta didik        untuk bertanya, mengemukakan pendapat, dan/atau
1. Komunikasi
dengan     orang tua/wali peserta didik           atau peserta      didik terkait penugasan belajar.
2. Berkomunikasi dengan     orang tua/wali peserta didik           atau peserta      didik memastikan peserta      didik siap   mengikuti pembelajaran dan  mengakses LMS.
3. Memantau aktivitas peserta didik        dalam LMS.
4. Membuka layanan
1. Setiap      peserta
didik       mengisi lembar   aktivitas sebagai     bahan pemantauan belajar harian.
2. Mengingatkan orang     tua/wali peserta       didik atau        peserta didik         untuk mengumpulkan foto          lembar aktivitas       dan penugasan.
3. Memberikan umpan        balik terhadap     hasil karya/tugas peserta didik/lembar refleksi pengalaman belajar.






Pra pembelajaran
Saat pembelajaran
Usai pembelajaran
Tatap muka
virtual
LMS
akan
digunakan;
c. cara penggunaan aplikasi daring;
d. Materi       dan jadwal pembelajaran daring.
3. Buat   RPP   yang sesuai      dengan kondisi          dan akses pembelajaran daring.
4. Memastikan
orang     tua/wali peserta        didik atau         peserta didik mendukung proses pembelajaran daring.
melakukan
refleksi.
konsultasi   bagi
peserta didik yang mengalami kesulitan.


3.  Fasilitasi pembelajaran jarak jauh luring
Proses Pembelajaran luring dapat dilaksanakan dengan: (a) menggunakan media buku, modul dan bahan ajar dari lingkunan sekitar; (b) menggunakan media televisi; dan (c) menggunakan radio.
a.   langkah fasilitasi PJJ luring menggunakan media buku, modul dan bahan ajar dari lingkunan sekitar

Pra pembelajaran
Saat pembelajaran
Usai pembelajaran
1. menyiapkan RPP
2. menyiapkan bahan ajar, jadwal dan penugasan kemudian mengirimkannya ke peserta didik/orang tua/wali
3. Memastikan semua peserta didik telah mendapatkan lembar jadwal dan penugasan.
1. Pembelajaran
luring  dibantu orang tua/wali peserta didik sesuai dengan jadwal dan penugasan yang telah diberikan.
2. Guru             dapat melakukan kunjungan          ke rumah         peserta
1. Setiap peserta didik
mengisi lembar aktivitas sebagai bahan pemantauan belajar harian
2. Orang tua/wali peserta didik memberikan tandatangan pada tiap sesi belajar yang telah tuntas di

 
Waktu pembelajaran dan pengumpulan hasil belajar disepakati dengan peserta didik dan/atau orang tua/wali dan sesuai dengan kondisi.








Pra pembelajaran
Saat pembelajaran
Usai pembelajaran
4. Jadwal pembelajaran
dan penugasan belajar diambil oleh orang tua/wali peserta didik sekali seminggu di akhir minggu dan atau disebarkan melalui media komunikasi
yang tersedia.
5. Guru dan orang tua/wali peserta didik yang bertemu untuk menyerahkan jadwal dan penugasan diwajibkan melakukan prosedur keselamatan pencegahan COVID-19.
didik             untuk
melakukan pengecekan      dan pendampingan belajar.    Jika    ini dilaksanakan, wajib melakukan
prosedur pencegahan penyebaran COVID-
19.
3. Berdoa      bersama sebelum dan sesudah belajar.
lembar
pemantauan harian.
3. Penugasan diberikan sesuai dengan jadwal
4. Muatan penugasan adalah pendidikan kecakapan hidup, antara lain mengenai pandemi COVID-19. Selain itu, perlu dipastikan adanya
konten rekreasional dan ajakan melakukan olahraga/ kegiatan fisik dalam upaya menjaga kesehatan mental dan fisik peserta didik
selama periode
BDR.
5. Hasil penugasan berikut lembar pemantauan aktivitas harian dikumpulkan setiap akhir minggu sekaligus
mengambil jadwal dan penugasan untuk minggu berikutnya. Ini dapat juga dikirim melalui alat komunikasi.

b.  Langkah fasilitasi pembelajaran jarak jauh luring menggunakan televisi dan radio
waktu  pembelajaran  dan  pengerjaan  tugas  disesuaikan  dengan
jadwal tayang/siaran dan waktu pengumpulan tugas setiap akhir minggu atau disesuaikan dengan kondisi peserta didik ketersediaan waktu peserta didik dan orang tua/wali.








Pra-pembelajaran
Saat pembelajaran
Usai pembelajaran
1. Mendapatkan
informasi mengenai jadwal pembelajaran melalui televisi/radio.
2. menyosialisasikan jadwal pembelajaran kepada orang tua/wali dan peserta didik.
1. Guru                 ikut 1
menyaksikan pembelajaran            2
Televisi/Radio
2. Guru         mencatat pertanyaan/              3 penugasan        yang diberikan   di   akhir pembelajaran
3. Guru         membuat tugas        tambahan informasi berdasarkan pembelajaran televisi/radio     (jika dibutuhkan)
4. Berdoa sebelum dan sesudah belajar.
. Guru     membuat     kunci
jawaban atas penugasan
. Mengumpulkan          hasil penugasan sesuai dengan waktu yang ditentukan.
. Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan ketuntasan             seluruh aktivitas dan penugasan


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

MODUL, PTK BISA PESAN DISINI !!
Download Button Download Button Download Button Download Button