Soal HOTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 K13 Dan Jawabannya


Berikut blog mediailmu22 akan membagikan soal HOTS untuk mata pelajaran bahasa indonesia khususnya kelas 9 semester 1, dan kurikulum yang dipakai pada soal ini adalah kurikulum 2013, silahkan jika anda ingin menggunakannya dengan sesuai kebutuhan anda. Soal ini juga bisa anda manfaatkan untuk soal PTS,PAS UKK, soal USBN bahasa indonesia dll.


soal bahasa indonesia, unbk bahasa indonesia smp, soal online bahasa indonesia kelas 6

Soal HOTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 K13  Dan Jawabannya


Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-8 !

Sebelum makanan dikonsumsi untuk selanjutnya dapat dicerna oleh tubuh, sebaiknya perlu diperhatikan zat gizi (nutrisi) yang terkandung di dalamnya. Akan tetapi, kebanyakan orang memang tidak memperhatikan hal itu,  sehingga saat manusia makan, mereka melupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya. Hal tersebut bisa terjadi karena kebanyakan dari mereka tidak mengetahui pasti bahan makanan apa saja yang mengandung zat gizi (nutrisi) yang dibutuhkan oleh tubuh mereka.
Berkaitan dengan hal tersebut, perlu diadakan praktikum untuk mengetahui kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa dalam berbagai bahan makanan.
  1. Informasi yang dapat diperoleh dari paragraf di atas adalah…..
a.       Makanan yang dikonsumsi oleh tubuh.
b.      Makanan yang dicerna oleh tubuh.
c.       Kandungan zat gizi (nutrisi) dalam makanan
d.      Zat gizi (nutrisi) yang dikonsumsi oleh manusia
  1. Ragam model  atau metode teks percobaan di atas adalah…….
a.       Penelitian               b. observasi                 c. praktikum                d. studi pustaka
  1. Konjungsi yang terdapat dalam kutipan teks tersebut diantaranya……
a.       Untuk, yang, akan tetapi, sehingga, karena, dengan, dan.
b.      Untuk, oleh, akan tetapi, sehingga, karena, dengan, dan.
c.       Untuk, akan tetapi, sehingga, karena, dengan, dan.
d.      Untuk, akan tetapi, dari, karena, dengan, dan.
  1. Kosakata teknis bidang ilmu yang terdapat dalam kutipan teks di atas…
a.       Gizi, nutrisi, karbohidrat, protein, glukosa
b.      Gizi, nutrisi, tubuh, karbohidrat, protein, glukosa
c.       Gizi, praktikum, tubuh, karbohidrat, protein, glukosa
d.      Gizi, nutrisi, tubuh, lemak, protein, glukosa
  1. Pada kutipan teks tersebut diantaranya terdapat kalimat…….
a.       Aktif                      b. pasif                                    c. aktif dan pasif           d. leksikal
  1. Kutipan teks tersebut terdapat pada bagian…..
a.       Latar belakang       b. tujuan                      c. prosedur                   d.  pembahasan
  1. Pada paragraph  satu pernyataan umum terdapat pada kalimat ke……
a.       1                b. 2                  c. 3                  d. 4
  1. Berikut ini termasuk kegiatan yang dapat digunakan sebagai bahan untuk menyusun sebuah teks laporan hasil percobaan adalah .. ..
    a. karya wisata                                                 c. belajar kelompok
    b. praktikum IPA                                             d. pentas seni
  2. Perhatikan urutan teks laporan percobaan berikut!
    1) Tujuan
    2) Kajian Teori
    3) Alat dan Bahan
    4) Pembahasan
    5) Prosedur/ cara kerja
    6) Hasil Pengamatan
    7) Simpulan
    Urutan yang tepat uraian di atas adalah…
    a. 1,2,3,4,5,6,7                        c. 1,2,3,5,4,6,7
    b. 1,2,3,5,6,4,7                                    d. 1,2,3,4,6,5,7

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Cutter
2) 2 buah tanaman pacar air
3) 2 botol air mineral bekas ukuran 1.500 ml
4) 2 sachet pewarna makanan biru dan merah
5) Air secukupnya
  1.  Kalimat-kalimat di atas merupakan bagian struktur teks laporan percobaan pada ....
a.  Tujuan              b. prosedur                  c. hasil percobaan                    d.alat dan bahan
  1. Apa yang ada di dalam benak Anda . . . . mendengar kata tikus? Tiap orang punya jawaban sendiri, . . . . sebagian                     besar bisa dikatakan akan mengaitkannya . . . . penyakit dan kotoran.
    Kata tugas atau konjungsi yang tepat untuk melengkapi kata yang rumpang pada teks tersebut secara berurutan adalah ….
    a. Saat, jika, pada                                 c. dengan, jika, tetapi
    b. Jika, saat, pada                                d. jika, tetapi, dengan
  2. Teks yang disusun setelah melakukan kegiatan eksperimen atau percobaan adalah ....
    a. teks laporan hasil observasi             c. teks laporan kunjungan wisata
    b. teks laporan hasil Percobaan                        d. teks laporan pertanggungjawaban

  3.  Sebelum melakukan kegiatan percobaan, hal-hal yang harus dipersiapkan adalah . ...
    a.  judul
                                                   c. simpulan
    b. prosedur                                          d. alat dan bahan
  4. Langkah-langkah kerja sistematis selama melakukan kegiatan percobaan terdapat pada bagian....
    a.  hasil                                                c.  prosedur
    b. alat dan bahan                                 d. kajian teori
  5. Perhatikan kutipan teks berikut!
Melalui percobaan membuat pelangi dengan senter dan gelas berisi air, kami mempelajari bahwa pelangi terjadi karena pembiasan cahaya yang terjadi melalui tetesan air. Hal ini dibuktikan lewat terbentuknya berkas pelangi ketika sinar dari senter menyentuh permukaan kaca yang diletakkan serong pada gelas berisi air.
Teks tersebut merupakan bagian….
a.       simpulan                b. hasil                        c. pembahasan                        d. kajian teori

Bacalah kutipan teks pidato persuasif berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 16-22 !
(1)   Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam sejahtera untuk kita semua,
(2)   Bapak-bapak dan         ibu-ibu sekalian yang saya hormati,
(3)   Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat bersilaturahmi dan berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
(4)   Pada kesempatan ini, saya memohon izin untuk menyampaikan gagasan dan pesan terkait dengan pentingnya menyelamatkan anak-anak remaja dari pergaulan bebas. Seperti diberitakan di berbagai media, saat ini, anak-anak dan para remaja sedang mengalami masalah sosial yang cukup pelik akibat menjamurnya berbagai informasi yang bisa diakses dengan cara yang amat mudah. Melalui media sosial,misalnya, kaum remaja bisa mendapatkan banyak informasi yang menyesatkan yang sangat merisaukan orang tua. Hal ini tentu menjadi masalah sosial yang perlu segera ditangani.
(5)   Masalah sosial merupakan ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antar unsur-unsur yang ada, hal tersebut dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial, seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat. Masalah sosial muncul karena adanya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realitas yang ada.
(6)   Beberapa contoh permasalahan sosial yang ada saat ini melanda kalangan remaja, di antaranya: pergaulan bebas, minuman keras, dan narkoba. Tiga masalah ini benar-benar menghancurkan masa depan generasi muda saat ini. Entah sudah berapa jumlah remaja dan anak-anak yang harus menjadi korban akibat  terjerumus kedalam permasalahan sosial  yang cukup pelik ini.
(7)   Dalam kondisi demikian, diharapkan semua unsur masyarakat ikut terlibat aktif untuk melakukan pencegahan dini agar permasalahan sosial itu tidak berkembang terlalu jauh. Seperti halnya dalam lingkungan keluarga, peran orang tua menjadi sangat penting, bahkan menjadi penentu masa depan anak-anak. Jangan biarkan anak-anak kita menjadi korban. Lebih baik melakukan pencegahan daripada harus menunggu hal-hal yang buruk menimpa anak-anak kita. Mari, kita bahu-membahu dan bekerja sama untuk menjauhkan generasi bangsa dari permasalahan sosial ini.
Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian yang saya hormati,
(8)   Demikian beberapa pendapat dan pesan yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih atas perhatian Bapak-bapak dan Ibu-ibu, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekhilafan.
(9)   Wassalmu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  1. Bagian pembuka dalam teks pidato persuasif tersebut ditandai dengan nomor….
a. (1), (2), (3)                           c. (3), (4), (5)
b. (2), (3), (4)                           d. (4), (5), (6)
  1. Topik yang dibahas dalam teks pidato persuasif tersebut terdapat pada paragraf nomor….
a. (3)                                        c.  (5)
b.      (4)                                      d. (6)
  1. Pendapat dan gagasan orator dipaparkan pada paragraph nomor….
a. (2), (3), (4)                           c. (4), (5), (6)
b. (3), (4), (5)                           d. (5), (6), (7)
  1. Pesan orator dipaparkan pada paragraph nomor….
a. (4)                                        c. (6)
b. (5)                                        d. (7)
  1. Bagian penutup pidato ditandai dengan nomor
a. (5), dan (6)                           c. (7), dan (8)
b. (6), dan (7)                          d. (8), dan (9)
  1. Gagasan berikut yang tidak sesuai dengan isi teks pidato tersebut adalah……….
a.       Saat ini anak-anak dan para remaja sedang mengalami masalah sosial yang cukup pelik.
b.      Pergaulan bebas, minuman keras, dan narkoba termasuk permasalahan sosial kaum remaja.
c.       Kaum remaja bisa mendapatkan informasi menyesatkan melalui media cetak.
d.      Masalah sosial yang saat ini melanda generasi muda bangsa perlu segera ditangani.

  1. Kalimat di atas yang menunjukan ajakan disampaikan pada paragraph nomor….
a.       5               b. 6                  c. 7                  d. 8
  1. Kalimat berikut yang menggunakan kosakata bersinonim adalah…….
a.       Sudah hampir sepekan, Rahman belum juga menyelesaikan tugasnya.
b.      Suka dan duka dirasakan dua bersaudara yang kehilangan orang tua itu.
c.       Tua dan muda berbondong-bondong menyaksikan pertandingan sepak bola
d.      Selain batal melanjutkan kuliah, Dani juga urung mendapatkan pekerjaan.
  1. Kalimat berikut yang merupakan kalimat aktif adalah…….
a.       Dua kaka beradik itu kini menjadi duta narkoba.
b.      Pemerintah sedang menggalakkan gerakan anti narkoba
c.       Dua pengedar narkoba berhasil diamankan oleh aparat.
d.      Tak seorang pun yang tahu asal usul pengedar narkoba itu.
  1. Kalimat berikut yang menggunakan kosakata bidang ilmu adalah….
a.       Setiap tahun, jumlah pemakai narkoba terus mengalami peningkatan.
b.      Orang tua harus benar-benar waspada terhadap merebaknya peredaran narkoba.
c.       Apa pun alasannya, tindakan preventif lebih efektif daripada kuratif.
d.      Pemberantasan narkoba bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan.
  1. Kalimat berikut yang menggunakan kosakata emotif adalah…….
a.       Para pengedar narkoba pantas mendapatkan hukuman yang seberat-beratnya.
b.      Indonesia merupakan salah satu negara yang kerap disasar oleh para pengedar.
c.       Jumlah jaringan narkoba di Indonesia semakin bertambah tiap tahunnya.
d.      Hati orang tua mana yang tega melihat anaknya menderita karena jeratan narkoba.
  1. (1)“Daur ulang adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Dengan membuang-buang sumber daya yang terbatas, kita sama saja sedang melakukan tindakan amoral yaitu merampok masa depan para generasi muda. (2) Coba pikirkan berapa banyak hewan-hewan di luar sana yang kehilangan rumahnya setiap hari karena pohon-pohon ditebang. (3) Anda tentu tahu bahwa sumber daya alam yang tersedia sangatlah terbatas. (4) Jika Anda tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya, tolong berhenti merusaknya.”
Pendekatan etika terdapat pada kalimat……
a.       (1)              b. (2)                            c. (3)                            d. (4)

Perhatikan kutipan teks berikut untuk menjawab soal no. 28-29 !
Sebagaimana kita ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua mahluk hidup, oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihan. Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan sangatlah kurang.
  1. Tema yang tepat untuk kutipan pidato di atas adalah…….
a.       Menjaga kebersihan                                   c. Menjaga kelestarian lingkungan
b.      Menjaga kebersihan lingkungan     d. Kesadaran menjaga kebersihan
  1. Kalimat di atas merupakan cara memersuasi dengan menggunakan pendekatan….
a.       Etika                      b. logika                       c. emosi                       d. fakta
  1. (1) Mengumpulkan data untuk mendukung argument (alasan)
(2) Menentukan tujuan pidato
(3) Memilih dan menentukan topic yang akan ditulis
(4) Menyusun kerangka pidato
(5) Pembahasan dengan mengembangkan kerangka pidato
Susunan yang tepat langkah menyusun pidato adalah
a.       (1)-(2)-(3)-(4)-(5)               c. (3)-(2)-(1)-(5)-(4)
b.      (1)-(3)-(2)-(4)-(5)               d. (3)-(2)-(1)-(4)-(5)

  1. Jawablah dengan benar !
  1. Buatlah teks laporan percobaan membuat pelangi dengan menggunakan struktur teks !
  2. Berikan alasan mengapa teks tersebut merupakan jenis teks laporan percobaan !
  3. Buatlah paragraf pembuka pidato persuasif !
  4. Buatlah paragraf isi pidato persuasif dengan tema “Antikekerasan, Antitawuran !”
  5. Buat pula paragraf penutupnya!

Untuk Soal Hots mata pelajaran lain silahkan dilihat pada beberarapa link yang sudah kami tampilkan, Soal HOTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 K13 Dan Jawabannya semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

MODUL, PTK BISA PESAN DISINI !!
Download Button Download Button Download Button Download Button