Download Contoh PTK SMA /SMK : Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XI SMA/SMK



Berikut adalah PTK  atau Penelitian Tindakan Kelas Kurikulum 2013 Model Pembelajaran PBL, mata pelajaran prakarya untuk jenjang SMA/SMK dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XI SMA/SMK...............................

Jika anda memerlukan PTK ini secara lengkap bisa anda dapatkan dengan menghubungi tim mediailmu22 melalui SMS/WA di 081221773848. kami akan siap membantu anda dalam menyusun PTK pesanan anda sesuai dengan yang anda butuhkan.

ptk kurikulum 2013, download ptk smk, ptk k13, ptk lengkap, ptk gratis


A.      Latar Belakang
Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional, diantaranya pembaharuan kurikulum, peningkatan kualitas tenaga pendidik, penataan manajemen pendidikan serta penerapan teknologi informasi pendidikan (Ramadhani, 2013:2). Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan pemberlakuan kurikulum 2013 (Faruq, 2013:3). Pemberlakuan kurikulum 2013 merupakan bagian dari strategi untuk meningkatan capaian pendidikan. Dalam hal ini kurikulum 2013 diorientasikan agar terjadi peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan (Rochman dan Madi, 2015:1).
Penulis menemukan permasalahan yang secara spesifik pada pembelajaran parakarya dan kewirausahaan di kelas XI Mesin A SMK .......................... Permasalahan yang ditemukan diantaranya adalah kegiatan pembelajaran yang seharusnya berpusat pada peserta didik masih didominasi oleh peran guru sebagai transformator pengetahuan. Guru belum mengembangkan strategi dan metode pembelajaran yang menstimulus siswa untuk menentukan, merancang, dan menyelesaikan proyek untuk menghasilkan sebuah karya atau produk.
Permasalahan lain selain di atas, adalah dalam aktivitas siswa juga ditemui beberapa kekurangan diantaranya siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut didasarkan pada kegiatan pembelajaran yang belum mempersilakan siswa untuk mengajukan gagasannya sendiri mengenai suatu tema yang mereka pelajari. Belum ada pembelajaran penugasan proyek yang menekankan pada kegiatan penelitian berdasarkan suatu topik yang telah ditentukan dalam pembelajaran.
Berdasarkan masalah tersebut di atas menjadi penyebab masih rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Mesin A di SMK Negeri ............................ Dari nilai tes sebelum menggunakan metode project based learning pada materi seni ukir pada 17 siswa, sebanyak 41% siswa memiliki nilai kurang dari KKM, sedangkan baru sebanyak 59% siswa yang memiliki nilai di atas KKM. Pelaksanaan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan pada siswa kelas XI Mesin A di SMK Negeri .................masih belum mampu mengembangkan potensi siswa secara utuh  dan belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengalami pembelajaran yang bermakna. Meninjau kenyataan tersebut, untuk menyelesaikan masalah, penelti bersama tim kolaborator menetapkan alternatif dengan menerapkan suatu pendekatan berbasis proyek agar siswa dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran.
Alternatif pemecahan masalah tersebut diperkuat dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah yang menjelaskan bahwa untuk mendorong kemampuan peserta didik menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun kelompok maka sangat disarankan menggunakan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning).
Penerapan project based learning terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa. Dari uraian permasalahan dan temuan empiris di atas, penerapan pembelajaran project based learning dalam pembelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas XI Mesin A di SMK Negeri ......................... diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, maupun hasil belajar siswa. Selain itu, penerapan pembelajaran project based learning diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang bermakna dan menyenangkan sehingga dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan potensinya secara utuh dan mencapai kompetensi yang telah ditentukan.
Berdasarkan uraian latar belakang tersebut, peneliti akan mengkaji melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan pada Siswa Kelas XI Mesin A di SMK Negeri ......................... Tahun Ajaran .........................”.

B.       Rumusan Masalah
Rumusan masalah secara umum dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI Mesin A di SMK Negeri ......................... Tahun Ajaran .........................?

C.      Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka peneliti menentukan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “Apakah melalui penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI Mesin A di SMK Negeri ......................... Tahun Ajaran ..........................

D.      Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut.
1.  Manfaat Teoritis, bertambahnya khazanah keilmuan yang berkaitan dengan metode pembelajaran project based learning.
2. Manfaat Praktis, Bagi Guru, Mampu menganalisa terjadinya permasalahan-permasalahan pembelajaran dan mampu mengatasi permasalahan kesulitan siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Dan mampu menumbuhkan suasana pembelajaran yang kondusif dan meningkatkan kemandirian siswa.
3. Bagi peneliti, dapat menambah wawasan dalam pelaksanaan pembelajaran yang lebih menyenangkan.
4.     Bagi sekolah, Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk memecahkan solusi kesulitan belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa meningkat.


Demikian contoh PTK SMA/SMK kurikulum 2013 dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XI SMA/SMK............................... Jika anda memerlukan PTK ini secara lengkap bisa anda dapatkan dengan menghubungi tim mediailmu22 melalui SMS/WA di 081221773848. kami akan siap membantu anda dalam menyusun PTK pesanan anda sesuai dengan yang anda butuhkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

MODUL, PTK BISA PESAN DISINI !!
Download Button Download Button Download Button Download Button