Contoh PTK SD Kelas 6 : Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD


Berikut adalah contoh dari Penelitian Tindakan Kelas atau PTK SD kelas 6 dengan judul Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jika anda membutuhkan PTK ini secara lengkap dari cover, BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV dan BAB V sampai lampiran, anda bisa menghubungi tim mediailmu22 di WA /SMS = 081221773848


ptk sd, ptk sd kelas 6, download ptk



A.      Latar Belakang
Peranan lingkungan dan keluarga sangat penting dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa disamping guru. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam hal menumbuh kembangkan minat siswa untuk meraih prestasi dalam bidang pelajaran tertentu termasuk matematika. Untuk itu seorang guru perlu mencari strategi alternatif dalam menumbuhkan minat siswa agar mau belajar dengan gembira tanpa merasa dipaksa, sehingga dapat menimbulkan percaya diri pada siswa, yang pada akhirnya mereka dapat mengembangkan kemampuan yang telah ada tanpa mereka sadari. Tampaknya menggali kemampuan siswa dengan cara menumbuh kembangkan kemampuan yang telah ada belum pernah dilakukan oleh guru SD........., sehingga pendidikan itu terkesan memaksa dan menjemukan. Orang tua tidak mengerti, lingkungan tidak mendukung, di sekolah merasa dipaksa mengerjakan hal-hal yang tidak bisa dan berakhir dengan pengambilan keputusan untuk berhenti sekolah. Seperti halnya terjadi di Distrik Jagebog, tidak sedikit anak-anak usia sekolah yang putus sekolah. Mereka putus sekolah mungkin disebabkan oleh faktor ekonomi, lingkungan, atau mungkin saja akibat strategi pembelajaran di kelas kurang menarik dan tidak dapat membuat siswa merasa gembira datang ke kelas. Sekolah Dasar (SD) memegang peranan yang sangat penting dalam pendidikan. Keberhasilan siswa di Sekolah Dasar (SD) sangat berpengaruh terhadap keberhasilannya di sekolah lanjutan. Menurut informasi dari berbagai pihak di SD ............. diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar matematika siswa kelas VI sering di bawah KKM. Dalam proses pembelajarannya, guru berupaya memberikan penjelasan materi secara lengkap. Dalam hal ini siswa cenderung dituntut untuk mengikuti contoh yang telah diberikan oleh guru. Tentunya pembelajaran seperti ini tidak relevan dengan tuntutan KTSP. Dari kenyataan ini jelaslah guru tersebut perlu dibantu dengan melibatkan yang bersangkutan pada suatu penelitian tindakan kelas dengan maksud agar disamping guru memperoleh pengalaman langsung dalam melakukan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurtilas, juga dapat mengembangkan kompetensi siswa sesuai dengan yang digariskan dalam kurikulum. Dalam proses pembelajaran, guru memulai dengan menjelaskan memberi contoh latihan soal. Jadi siswa secara langsung diberikan rumus-rumus matematika tanpa diberi kesempatan untuk menemukan sendiri. Berbeda halnya dengan pembelajaran yang berorientasi pada KTSP, pembelajaran hendaknya diawali dari dunia nyata dan rumus diharapkan ditemukan oleh siswa sendiri. Sebagai contoh: sebelum menjelaskan pengerjaan hitung campuran siswa diberi pertanyaan sebagai berikut. Seorang anak membeli 4 buku dan 3 pensil ia harga buku adalah Rp. 2500,00 perbuah dan pensil adalah Rp. 1500 perbuah. Berapa kembalian uang jika ia membayar Rp.10.000,00 ?. Cara siswa menjawab kemungkinan bervariasi. Jadi jenis jawaban beragam Pendekatan pembelajaran yang cocok dengan KTSP adalah pendekatan kontekstual.

Pada pembelajaran kontekstual guru tidak mengharuskan siswa menghapal fakta-fakta tetapi guru hendaknya mendorong siswa untuk mengkontruksi pengetahuan dibenak mereka sendiri. Melalui kontekstual siswa diharapkan belajar melalui ‘mengalami’ bukan ‘menghapal’. Dalam pembelajaran, guru perlu memahami konsepsi awal yang dimiliki siswa dan mengaitkan dengan konsep yang akan dipelajari.
Konsepsi awal ini dapat direkam dari pekerjaan siswa dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) dan dari jawaban siswa terhadap pertanyaan-pertanyaan guru yang disampaikan pada awal pembelajaran. Dalam pembelajaran biasanya siswa malu atau takut bertanya kepada gurunya dan lebih suka bertanya kepada teman-temanya. Oleh karena itu implementasi pendekatan kontekstual melalui pembelajaran kooperatif berbantuan Lembar Kerja Siswa perlu diterapkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: a) meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD.......................... dengan implementasi pendekatan kontekstual melalui pembelajaran kooperatif berbantuan Lembar Kerja Siswa, b) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap implementasi pendekatan kontekstual melalui pembelajaran kooperatif berbantuan Lembar Kerja Siswa.
Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti terdorong untuk melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul “Implementasi Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD............................. Tahun Pelajaran .........................”.


A.      Rumusan Masalah
Masalah adalah segala rintangan tentang hambatan dan kesulitan yang memerlukan pemecahan jawaban agar usaha pencapaian tujuan dimaksud dapat berhasil dengan baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah peningkatan prestasi siswa melalui implementasi pendekatan konstektual pada siswa Kelas VI SD .......................... Tahun Pelajaran ....................... ?

B.       Tujuan Perbaikan
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan utama penelitian tindakan kelas ini adalah :
1. Menghasilkan model pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan prestasi matematika pada siswa Kelas VI SD .................... Tahun Pelajaran ....................
2. Mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar melalui implementasi pendekatan konstektual pada siswa Kelas VI SD .................... V Tahun Pelajaran ....................
3. Meningkatkan keaktifan siswa pada kegiatan pembelajaran yang akan membawa peningkatan prestasi belajar melalui impelementasi pendekatan konstektual pada siswa Kelas VI SD ...................... Tahun Pelajaran ........................


C.      Manfaat Perbaikan
Setelah penelitian tindakan kelas ini selesai diharapkan dapat memberikan manfaat.
1. Bagi kepala sekolah sebagai bahan masukan atau input untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil kebijaksanaan untuk mendorong guru dalam menciptakan metode yang tepat untuk menentukan keberhasilan pengelolaan pembelajaran di sekolah.
2.  Bagi guru, sebagai bahan masukan untuk dijadikan dasar yang akan dikerjakan dalam pelaksanaan kegiatan guru lebih berkembang dan terarah dalam mengelola situasi dan kondisi kelas.
3. Bagi siswa, dapat menyelesaikan tugas dengan cepat, tepat dan benar, dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan tepat, mampu menyelesaikan soal yang tak terbatas dalam waktu yang relatif singkat.

Demikan contoh dari Penelitian Tindakan Kelas atau PTK SD kelas 6 dengan judul Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jika anda membutuhkan PTK ini secara lengkap dari cover, BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV dan BAB V sampai lampiran, anda bisa menghubungi tim mediailmu22 di WA /SMS = 081221773848 . tersedia juga PTK dengan judul lain sesuai dengan pesanan anda, dan bisa disesuaikan dengan identitas anda.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

MODUL, PTK BISA PESAN DISINI !!
Download Button Download Button Download Button Download Button