Soal Pedagogik guru dan Pembahasannya
17_11
Edit
Pedagogik adalah salah satu kompetensi yang harus dikuasai
oleh guru. Mediailmu22 akan membagiakan soal pedagogik, soal pedagogik ini bisa
anda gunakan untuk menyelesaikan soal pada kegiatan PPG atau PLPG atau kegiatan
lainnya seperti UTN, Pretest UKG, Pretest PPG, MGMP. soal Pedagogik guru ini bisa untuk anda yang merupakan guru sd, guru
smp, guru sma maupun guru smk.
Belum LULUS PPG ?? Atau mau LULUS PPG ?.. pelajari SOAL PEDAGOGIK dalam bentuk Pilihan Ganda dengan INSTALL APLIKASI nya GRATIS KLIK DISINI !!!
Soal Pedagogik Dan Pembahasannya Bagian 1
1. Sebutkan
metode dalam mengkaji perkembangan dan
pertumbuhan anak, jelaskan prosedurnya dan uraikan kelebihan dan kelemahannya
2. Sesuai
dengan tugas pokok mengajar anda (jenjang SD/MI, SMP / Mts, SMA / MA / SMK),
uraikan karakterristik siswa anda menurut pendapat berbagai psikolog
perkembangan.
3. Jelaskan,
apakah materi kurikulum dan bahan ajar yang anda pakai sesuai dengan
karakteristik perkembangan siswa anda!
4. Jelaskan, metode / teknik mengajar apakah yang
cenderung anda sarankan untuk mengajar siswa di sekolah anda, sesuai usia
mereka dan mata pelajaran yang diajarkan!
Jawaban Pembahasan Soal Pedagogik Bagian 1
1. Ada dua
metode yaitu longitudinal dan cross sectional
a. Metode
logitudinal : peneliti mengamati dan mengkaji perkembangan satu
atau banyak orang yang sama usia dalam waktu yang lama
b. Metode cross sectional : peneliti
mengamati dan mengkaji banyak anak dengan berbagai usia dalam waktu yang sama
Kelebihan
dan kekurangan
a. Metode logitudinal
- Kelebihan : kesimpulan yang diambil
lebih meyakinkan, karena membandingkan karakteristik anak yang sama pada usia
yang berbeda-beda, sehingga setiapo perbedaan dapat diasumsiukan sebagai hasil
perkembangan dan pertumbuhan.
- Kekurangan : memerlukan waktu
yang lama
b. Metode cross
sectional
- Kelebihan : proses
penelitian tidak memerlukan waktu lama, hasil segera dapat diketahui.
- Kekurangan : peneliti menganalisis
perbedaan karakteristik anak-anak yang berbeda, sehingga diperlukan
kehati-hatian dalam menarik kesimpulan, bahwa perbedaan itu semata-mata karena
perkembangan.
2. Sesuai dengan tugas saya mengajar di jenjang
SMP, maka karakteristik siswa saya adalah dalam masa remaja awal / pubescence yang ditandai dengan
perkembangan pesat intelektual dan kemampuan bernalar juga disebut masa
bertualang. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Jean Jacques Rousseau, atau jika
mengacu kepada teori dari Stanley Hall
disebut sebagai masa remaja dengan tanda
sebagai manusia beradab yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan
dan dunia yang selalu berubah. Atau dalam bahasa Robert J. Havigurst disebut sebagai Masa adolesense awal / early adolescence (pubesen
– pubertas) , sedang menurut Jean Piaget disebut sebagai Tahap operasonal
form dimana siswa anak sudah mampu berpikir tingkat tinggi, seperti berpikir
secara deduktif, induktif, menganalisis, mensintesis, mampu berpikir secara
abstrak dan secara reflektif, serta mampu memecahkan berbagai masalah. Sedang
menurut Erick Homburger Erickson disebut
masa Identity vs role confusion,
dengan ciri Menjadi diri sendiri, berbagi konsep diri
3. Materi
kurikulum
dan bahan ajar yang
saya pakai sudah sesuai dengan tahap perkembangan siswa karena siswa ..................
berumur 12-15 tahun cenderung sudah memiliki kemampuan nalar yang lebih baik.
Materi kurikulum khususnya ................... sudah mengenalkan kepada siswa
akan pentingnya mengetahui fungsi organ – organ reproduksi yang pada umur
mereka sedang mengalami tahap perkembangan.
4. Metode
yang sering dipakai
adalah metode diskusi , dengan metode ini anak yang masih dalam tahap
perkembangan akan cenderung dilatih untuk menerima perbedaan, saling merhargai
satu sama lain dan melatih keberanian. Selain itu dengan metode ini diajarkan
untuk saling bekerjasama satu siswa dengan siswa lainnya. Nilai – nilai ini
penting untuk diterapkan dikehidupan masyarakat. Metode diskusi juga bisa
meningkatkan kemampuan anak dalam pemahaman konsep dan keterampilan memecahkan
masalah.
Soal
Pedagogik Guru Bagian 2
1. Jelaskan pemahaman Anda tentang Standar
Kompetensi Lulusan!
2. Jelaskan pemahaman Anda tentang Kompetensi
Inti!
3. Apakah pemahaman Anda tentang Kompetensi
Dasar?
4. Apakah pemahaman Anda tentang Indikator?
5. Bagaimana cara penyusunan Indikator dari
Kompetensi Dasar?
Jawaban dan Pembahasan Soal Pedagogik Bagian 2
1. Standar
Kompetensi Lulusan adalah salah satu dari Standar Nasional Pendidikan dan
merupakan acuan utama yang menentukan Standar Nasional Pendidikan lainnya.
Standar Kompetensi Lulusan pada dasarnya adalah kualifikasi kemampuan peserta
didik yang seharusnya dicapai setelah kegiatan pembelajaran pada suatu jenjang
pendidikan. Standar Kompetensi Lulusan biasanya mempertimbangkan perkembangan
psikologis anak, lingkup dan kedalaman materi, kesinambungan, dan fungsi satuan
pendidikan.
2. Kompetensi
inti atau disingkat KI pada hakikatnya adalah pencerminan dari SKL. KI terdiri
dari KI-1 yakni sikap spiritual, KI-2 yakni sikap sosial, KI-3 yakni
pengetahuan dan KI-4 yakni keterampilan. KI selanjutnya dikembangkan menjadi
Kompetensi Dasar (KD). KI adalah tingkat kemampuan yang seharusnya dimiliki
oleh peserta didik dalam setiap tingkat kelas
3. Kompetensi
Dasar atau KD adalah pemcerminan atau penjabaran dari Kompetensi Inti, KD
dikembangak berdasarkan karakteristik dan kemampuan peserta didik, dan kekhasan
masing-masing mata pelajaran. KD untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi
Pekerti dan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan meliputi 4
KI sedangkan mata pelajaran lainnya KI-1 dan KI-2 nya ditumbukan melalui
pembelajaran tidak langsung, yang secara langsung hanya KI-3 dan KI-4
4. Indikator
pada dasarnya adalah perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan
karakteristik siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan
dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat
diobservasi. Indikator ada dua jenis, yakni indikator yang ada dalam RPP dan
indikator soal (indikator untuk membuat instument soal)
5. Dalam
menyusun indikator dari Kompetensi Dasar (KD) , indikator harus mengakomodir
seluruh kompetensi yang ada dalam KD dan dalam bentuk kata kerja operasional
yang mengacu pada ranah kognitif taksonomi Bloom,
aspek sikap dapat mengacu pada ranah afektif taksonomi Bloom, aspek
keterampilan dapat mengacu pada ranah psikomotor taksonomi Bloom.