Contoh Pendekatan STEM Pada Konsep Getaran, Gelombang Dan Bunyi
STEM. Berikut mediailmu22 memberikan Contoh Pendekatan STEM Pada Konsep Getaran, Gelombang Dan Bunyi, contoh materi lainnya dengan pendekan STEM atau STEAM bisa dilihat pada tag STEM di blog ini.
Contoh Pendekatan STEM Pada Konsep Getaran, Gelombang Dan Bunyi
Kata kunci : konsep Getaran, gelombang, bunyi, pendengaran, dan sonar
Pendekatan : STEM Praktik Saintifik
Kegiatan berdasarkan Fakta/isu/masalah : Menyimak video musik berupa pertunjukkan alat musik atau orkestra dari barang bekas (bukan instrumen konfensional).
Kata kunci pertanyaan Kritis
Apa
1. Apa saja benda yang dapat menghasilkan bunyi?
Kemungkinan jawaban siswa :
Alat musik, mulut, benda-benda yang dipukul dan sebagainya.
2. Apa saja sumber-sumber bunyi?
Perkiraan jawaban siswa:
Alat musik, sirine, teriakan, dan sebagainya.
3. Apa yang menyebabkan benda-benda tersebut menghasilkan bunyi?
Perkiraan jawaban siswa:
Karena benda-benda tersebut dipukul, ditiup, atau dipetik sehingga menimbulkan getaran. Getaran tersebut menggerakkan udara
disekitarnya yang dapat sampai ke telinga pengamat hingga terdengar bunyi tersebut.
4. Apa saja macam sumber bunyi berdasarkan bentuknya?
Perkiraan jawaban siswa:
Gendang berupa selaput, suling berupa pipa organa, dan gitar berupa dawai.
Mengapa
1. Mengapa gitar dapat menghasilkan bunyi?
Perkiraan jawaban siswa: Karena senarnya dipetik
Karena udara dalam gitar beresonansi.
2. Mengapa suling dapat menghasilkan bunyi?
Perkiraan jawaban siswa: Karena suling ditiup
3. Mengapa gendang dapat menghasilkan bunyi?
Perkiraan jawaban siswa:
Karena selaput gendang dipukul.
4. Mengapa manusia dapat menghasilkan bunyi?
Perkiraan jawaban siswa:
Karena adanya pita suara, udara yang keluar dari mulut dapat menggetarkan pita suara.
Tantangan/masalah/isu
Bagaimana membuat alat musik dari botol-botol kaca bekas?
Identifikasi tantangan/masalah/isu Apa capaian/tujuan penyelesaian tantangan/masalah/isu?
Botol kaca bekas dapat dijadikan alat musik karena bentuknya yang seperti pipa organa. Di dalam botol kaca harus terbentuk gelombang resonansi dengan frekuensi nada tertentu.
Ide solusi
Mengisi botol-botol kaca dengan sejumlah air hingga tinggi permukaan tertentu. Untuk membentuk panjang gelombang yang tepat guna menghasilkan frekuensi nada.
Konsep S(science) dan M(Math) yang terkandung dalam ide solusi
Bunyi
Frekuensi nada dasar Panjang gelombang
Resonansi
Volume air
Ketinggian air
Alat dan bahan:
1. 8 botol kaca dengan ukuran sama
2. air
3. kayu pemukul
4. mistar
5. pensil
6. kertas
Desain
Botol diisi air masing-masing: Botol 1 dengan ketinggian 3 cm Botol 2 dengan ketinggian 6 cm Botol 3 dengan ketinggian 9 cm Botol 4 dengan ketinggian 12 cm Botol 5 dengan ketinggian 15 cm Botol 6 dengan ketinggian 18 cm Botol 7 dengan ketinggian 21 cm Botol 8 dengan ketinggian 24 cm
Belum ada Komentar untuk "Contoh Pendekatan STEM Pada Konsep Getaran, Gelombang Dan Bunyi "
Posting Komentar