Laporan Pembelajaran Daring Dalam Rangka Antisipasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19)


Laporan Pembelajaran Online biasanya disusun setelah kegiatan berlangsung, dan biasanya laporan ini disetorkan ke dinas pendidikan melalui pengawas. berikut ini mediailmu22 akan memberikan format Laporan Pembelajaran Daring Dalam Rangka Antisipasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19) dalam bentuk microsoft word dengan ekstensi file . doxc. Ibu/Bapak guru bisa mendownloadnya pada link yang sudah tersedia.


contoh laporan, Laporan Pembelajaran Daring, pembelajaran online


Sistematika Laporan Pembelajaran Online

Adapun sistematika laporan pembelajaran daring ini meliputi :

A. PENDAHULUAN

  • Latar Belakang Pembelajaran Online
  • Dasar Hukum Pembelajaran Online
  • Tujuan Laporan Pembelajaran Online
  • Sasaran Laporan Pembelajaran Online

B. PELAKSANAAN KEGIATAN

  • Teknis Kegiatan Laporan Pembelajaran Online
  • Jadwal Pelaksanaan Laporan Pembelajaran Online
  • Materi Belajar Di Rumah Laporan Pembelajaran Online
  • Hasil Kegiatan Pembelajaran Laporan Pembelajaran Online
  • Dokumentasi Kegiatan Laporan Pembelajaran Online

C. KESIMPULAN DAN SARAN

Teknis Kegiatan Laporan Pembelajaran Online


Konsep pembelajaran di rumah (home learning) dengan memanfaatkan jaringan internet sebagai pengganti pembelajaran di kelas dilaksanakan melalui beberapa sosial media seperti facebook, whatsapp, dan google classroom. 

SMP Negeri 22 Mediailmu memfasilitasi proses belajar di rumah dengan membuat Whatssapp grup dengan nama Kelas Online SMPN 22 Mediailmu. Selain itu dibuat juga grup di Facebook untuk menjaring siswa untuk mengikuti pembelajaran secara daring. Ada juga yang melalui Google Classroom.

Proses belajar secara daring dilaksanakan dari hari Senin sampai dengan hari Jumat mulai pukul 08.00 wib sampai dengan 14.30 wib dengan jadwal khusus. Guru mengisi absen kehadiran serta laporan kegiatan setiap hari melalui tautan..........................., sedangkan siswa mengisi absen kehadiran melalui tautan .......................


Materi Belajar Di Rumah Laporan Pembelajaran Online



Diberikan materi tentang COVID-19 dan langkah-langkah pencegahannya
Diberikan materi yang berhubungan dengan Life Skill ( PPK)
Materi pembelajaran sesuai dengan silabus namun tidak mengharuskan menuntaskan seluruh kompetensi.
Untuk menambah wawasan peserta didik belajar melalui siaran TVRI secara terjadwal


Hasil Kegiatan Pembelajaran Laporan Pembelajaran Online

Berdasarkan data tersebut dari total 352 siswa hanya 218 siswa yang aktif mengikuti kegiatan belajar daring atau sebesar 61,92 %. Hal tersebut disebabkan karena beberapa hal diantaranya :
  1. Kurang memadai fasilitas pendukung siswa (laptop, listrik, jaringan internet, gawai tsb)
  2. Belum mampu mengoptimalkan media digital
  3. Keterbatasan kondisi ekonomi orang tua selaku keluarga pra sejahtera dan beberapa ada yang terdampak penghasilannya karena pembatasan saat tanggap darutat COVID-19, sehingga siswa tidak memungkinkan membeli kuota internet
  4. Kurangnya konstrasi dalam belajar
Beberapa kendala tersebut tidak menjadikan kegiatan pembelajaran jarak jauh menjadi terhenti, salah satu alternatif solusinya adalah dengan melaksanakan homevisit yang dilakukan oleh guru BPBK dengan dibantu oleh walikelas.



KESIMPULAN DAN SARAN


A. KESIMPULAN

  1. Pembelajaran di Rumah dengan kelas daring merupakan pengalaman baru bagi guru dan siswa dan merupakan bentuk upaya memfasilitasi proses belajar mengajar yang biasanya diselenggarakan dengan tatap muka langsung menjadi melalui pembalajaran jarak jauh secara daring.
  2. Kegiatan pembalajaran daring dirasa lebih variatif karena menggunakan berbagai macam media. Sehingga peserta didik lebih mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih sesuai dengan perkembangan teknologi sekarang.
  3. Guru mendapatkan tantangan dan pengalaman baru dalam proses pembalajaran, sehingga mendorong guru untuk meningkatkan kompetensi khususnya dalam penguasaan teknologi.
  4. Tidak semua peserta didik bisa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran daring disebabkan oleh keterbatasan sarana dan prasarana komunikasi, sehingga tujuan pembelajaran kurang tercapai. 
  5. Sebagian peserta didik masih belum terbiasa menggunakan media pembalajaran online.

B. SARAN

  1. Pemerintah diharapkan bisa memfasilitasi peningkatan kompetensi guru dalam penggunaan teknologi khususnya untuk bidang pendidikan.
  2. Disediakannya aplikasi khusus untuk kegiatan pembelajaran online.


Demikian laporan kegiatan belajar di rumah melalui kelas daring di SMP Negeri 22 Mediailmu telah kami susun dengan harapan menjadi gambaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring dimasa Pandemi COVID-19. Laporan ini sebagai bukti pelaksaan pembelajaran jarak jauh atau daring di SMP Negeri 22 Mediailmu mulai dari 16 Maret sampai berakhirnya masa tanggap darurat COVID-19 sesuai dengan surat edaran dari pemerintah. Semoga kegiatan belajar di rumah ini bisa bermanfaat bagi peserta didik serta guru. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

MODUL, PTK BISA PESAN DISINI !!
Download Button Download Button Download Button Download Button