Pengertian Kurikulum (Kurikulum adalah)
20_05
Edit
Kurikulum adalah. berikut mediailmu22 memberikan deskripsi tentang pengertian kurikulum berdasarkan berbagai macam literatur dan buku, anda bisa gunakan untuk menyusun KTSP dokumen 1 dan KTSP dokumen 2, semoga bermanfaat.
Pengertian Kurikulum
Kurikulum adalah merupakan sekumpulan rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran yang dikembangkan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai beberapa tujuan. Tujuan tersebut diataranya adalah tujuan pendidikan nasional, tujuan pendidikan dasar dan tujuan yang disesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, juga dengan satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum yang disusun oleh satuan pendidikan memungkinkan disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. Bentuk operasional dari kurikulum yang berlaku sekarang adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). KTSP sendiri disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing tingkat satuan pendidikan.
Acuan utama dari penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah Standar Nasional Pendidikan (SNP). Standar Nasional Pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua standar dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Prinsip dari pengembangan Kurikulum adalah :
- Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
- Beragam dan terpadu
- Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
- Relevan dengan kebutuhan kehidupan
- Menyeluruh dan berkesinambungan
- Belajar sepanjang hayat
- Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
Mediailmu22 sebagai yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan berada di kawasan Jawa Barat mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan yayasan-yayasan lain yang bergerak dalam bidang serupa. Ciri khas tersebut adalah pendidikan yang bernuansa kesundaaan namun tetap berwawasan global. Oleh karena itu KTSP ini mengakomodir dan mengintegralkan pendidikan berwawasan pendidikan budaya (dengan ciri khas budaya sunda) dan pendidikan yang berwawasan karakter bangsa.
- Berdasarkan analisis kondisi sekolah tersebut, Mediailmu22 menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk memberi kesempatan kepada peserta didik agar:
- beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memahami dan menghayati, serta mengamalkan ajaran agamanya masing-masing;
- meningkatkan pengembangan keragaman potensi, minat dan bakat,serta kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan kinestetik secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya;
- mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi;
- meningkatkan potensi fisik dan membudayakan sportifitas serta kesadaran hidup sehat;
- meningkatkan kepekaan (sensitivitas), kemampuan mengekspresikan dan mengapresiasi keindahan dan keseimbangan (harmoni), hidup bermasyarakat, berguna untuk orang lain;
- membangun, menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Landasan Pengembangan Kurikulum
Landasan pengembangan KTSP terdiri atas:
1. Undang-undang Dasar 1945
2. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)
3. PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
4. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
5. Permendiknas RI No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
6. Permendiknas RI No. 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permen 22 dan 23 dan No. 6 Taun 2007 tentang perubahan Permendiknas No. 24.
7. Permendiknas RI No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
8. Permendiknas RI No. 20 Tahun 2007 tentang Sistem Penilaian
9. Permendiknas RI No. 24 Tahun 2007 tentang Sarana dan Prasarana
10. Permendiknas RI No. 29 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
11. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
12. Permendiknas RI No. 69 Tahun 2009 tentang Stndar Pembiayaan
13. PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
Demikian Pengertian Kurikulum (Kurikulum adalah) dari blog mediailmu22