Cara Cek Info GTK 2019 Terbaru


Sim PKB 2019. Berbeda dengan semester-semester sebelumnya info gtk semester 1 tahun 2019 dan info gtk semester 2 tahun 2019 mengalami beberapa perubahan, simak secara lengkap sampai dengan akhir tulisan ini agar tidak terjadi miskomunikasi. Namun sebelum menjelaskan tentang info gtk harus difahami terlebih dahulu tentang sim pkb 2019 dan tentang manfaat info gtk.

sim pkb 2019,  cara cek info gtk 2019,  info gtk semester 1 tahun 2019,  info gtk kemdikbud go id 2019, info gtk semester 2 tahun 2019,


Sim PKB 2019


Seperti diketahui bahwa laman info gtk pada periode sebelumnya hanya biasa diakses melalui sim pkb yang beralamat lengkap di url : https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login .

Sim pkb sendiri bisa diakses dengan email tersendiri yang berekstensi @guruku.id dan dengan password default yang sudah ditentukan melalui akses khusus ketua komunitas atau ketua MGMP/KKG. Info gtk sendiri berfungsi sebagai web informasi tentang guru berkaitan dengan kegiatan PKB atau pelatihan keprofesian berkelanjutan yang sudah atau akan diikutinya.

Di dalam sim pkb termuat nilai pkb atau rapot guru yang memberi gambaran guru apakah sudah memenuhi kkm atau tidak. Kkm untuk capain kompetensi gutu seperti diketahui mengalami peningkatan setiap tahunnya, terkadang kompetensi yang sudah memenuhi kkm yang ditandai dengan warna hijau berubah menjadi warna merah atau menjadi tidak kompeten. Untuk memenuhi ketercapaian batasan minimal tersebut selanjutnya pemerintah melalui MGMP mengadakan pelatihan PKB atau sekarang yang diberi nama PKP berzonasi. Materi PKB sendiri disesuaikan dengan kompetensi yang ingin ditingkatkan pada komunitas tersebut. Kegiatan PKB biasanya dilakukan secara daring, tatap muka atau campuran.

Fungsi Info gtk 2019

Info gtk digunakan oleh guru untuk mengetahui validitas dari data yang diupload melalui dapodik, atau secara kasarnya apakah seseorang bisa dinyatakan berhak mendapatkan sertifikasi atau tidak tergantung dari status valid atau tidaknya pada laman info gtk. Jika status sudah valid maka dapat dipastikan sertifikasi anda akan cair tepat waktu.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan info gtk menjadi tidak valid diantaranya sebagai berikut :
  1. Tidak terpenuhinya jam mengajar linear sebanyak 24 Jam perminggu.
  2. Tidak terpenuhinya jam mengajar setelah ditambah jam-jam ekuivalensi seperti tugas tambahan menjadi wakasek, kepala jurusan, kepala laboratorium, walikelas, pembina ekstrakurikuler, guru piket, petugas perpustakaan, koordinator pkb dan tugas tambahan lain yang tergolong kedalam jam ekuivalensi. Kalau anda kekurangan jam pelajaran silahkan bisa dibaca tugas tambahan apa saja yang setara dengan Jam pelajaran dan diakui untuk validasi sertifikasi KLIK DISINI UNTUK MEMBACA EKUIVALENSI TUGAS TAMBAHAN
  3. Tidak cocoknya data kepegawaian pada dapodik seperti pangkat/golongan, SK berkala dll dengan data di situs BKN


Cara cek info GTK 2019

Sebelumnya info gtk bisa diakses melalui sim pkb, setelah anda login ke sim pkb biasnya ada link yang mengarah ke situs info gtk, namun pada semester 1 tahun 2019/2020 atau triwulan III dan IV tahun 2019/2020 info gtk hanya bisa diakses dengan account ptk pada dapodik. Akun ptk pada dapodik sendiri bisa diperoleh setelah didaftarkan operator dapodik kedalam aplikasi dapodik demikian juga dengan password akun dapodiknya.

Adapun langkah-langkah cek info gtk 2019 adalah sebagai berikut

  1. Masuk ke situs http://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  2. Masukkan account ptk pada dapodik
  3. Masukkan password ptk pada dapodik
  4. Masukkan kode chapta seperti pada gambar
  5. Klik Login


Jika tidak sedang ada maintenents anda bisa melihat statys validitas Info gtk 2019  2020 di laman tersebut, namun jika data anda masih belum valid cek apa saja keteranganya dan perbaiki sesuai dengan apa yang diperlukan.

Perbaikan pada info gtk hanya bisa dilakukan melalui dapodik oleh operator, jika terjadi kekurangan maka segeralah diperbaiki karena biasa proses sinkronisasi dari dapodik ke info gtk memerlukan waktu yang lumayan lama, berdasarkan pengalaman biasanya memerlukan waktu 2-3 minggu. info lain tentang sertifikasi bisa anda lihat di beberapa link yang tampil di blog mediailmu22 ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

MODUL, PTK BISA PESAN DISINI !!
Download Button Download Button Download Button Download Button