Program Kerja Pesantren Ramadhan Di Sekolah



Program Kerja Pesantren Ramadhan Di Sekolah

Sebentar lagi ramadhan akan tiba, di sekolah baik di sd, smp atau sma / smk biasanya untuk mengisi bulan ramadhan diakan pesantren ramadhan. Seperti biasa kegiatan di sekolah harus memiliki program kerja. Program kerja adalah sebuah rencana kegiatan dimana didalamnya terdiri dari apa yang akan dilaksanakan, siapa yang akan melaksanakan (panitia) dan siapa sasaran dari kegiatan tersebut. Selain itu program kerja biasanya berisi tentang rencana anggaran yang akan digunakan pada kegiatan tersebut. Berikut blog medialmu22 akan memberikan gambaran tentang Program Kerja Pesantren Ramadhan di Sekolah

program kerja, program kerja adalah, pesantren kilat, ramadhan, program kerja sekolah, kesiswaan


Kegiatan pesantren kilat ramadhan yang menjadi panita adalah guru atau panitia dari siswa (OSIS, ROHIS, IRMA / Ikatan Remaja Mesjid), sedangkan yang menjadi sasarannya atau pesertanya adalah siswa adapun yang mejadi materi yang biasa disampaikan adalah berupa :

Materi Pesantren Kilat Ramadhan Di Sekolah
-          Al Qur’an bisa berupa : tadarusan, hafalan surat pendek (Zuz Amma), Tazwid
-          Hadits bisa berupa hapalan hadist-hadist pendek
-          Shalat Duha
-          Shalat Dzuhur
-          Fikih : Fikih Puasa dan lainnya
-          Tarikh / Sejarah Islam
-          Dan materi lain yang sesuai dan tentunya ada yang mampu menyampaikannya.

Waktu Pesantren Ramadhan di Sekolah
Waktu kegiatan ramadhan biasanya disesuaikan dengan agenda sekolah , misalnya hanya 1-2 minggu, atau disesuaikan dengan kalender/agenda kegiatan dari dinas pendidikan.

Sarana dan Prasarana Yang diperlukan Dalam Pesantren Ramadhan di Sekolah
Sarana dan Prasarana yang perlu disiapkan dalam kegitan pesantren Ramadhan adalah berupa buku ramadahan yang berupa catatan kegiatan ibadah siswa selama ramadhan, seperti :

-          Catatan Shalat Berjamaah
-          Catatan Tadarus
-          Catatan Shalat Tarawih
-          Catatan Resume kultum
-          Catatan Resume khutbah Jumat
-          Catatan kegiatan ramadhan lainnya
-          Hapalan Surat Pendek

Sarana dan prasarana lainnya adalah ruangan yang memungkinkan pembagian kelas secara klasifikatif. Yakni misalnya mengklasifikasikan siswa sesuai dengan kemampuan membaca Al Qur’an.

Selain itu juga diperlukan tempat untuk shalat berjamaah (jika belum ada mushola khusus atau masjid), juga diperlukan Al Qur’an / Iqra sebanyak siswa.

Demikian gambaran Program Kerja Pesantren Ramadhan, jika anda membutuhkan contoh Program Kerja Pesantren Ramadhan di sekolah, anda bisa mendownloadnya DISINI. Untuk saling membantu maka kami dari mediailmu memohon untuk Di SHARE nya artikel ini agar tersebar kebaikan dari kami. Terimakasih semoga dapat membantu dan meringankan pekerjaan anda.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

MODUL, PTK BISA PESAN DISINI !!
Download Button Download Button Download Button Download Button