INFORMASI PPGJ SERTIFIKASI 2015


Saat libur kemarin tiba – tiba ada telepon dari bagian kepegawaian dinas pendidikan untuk mengambil surat daftar calon peserta sertifikasi 2015 (verifikasi). Dan kebetulan nama saya tercantum di dalamnya. Alhasil saya tanpa menunda nunda lagi segera meluncur ke TKP. Segera saya menghubungi pihak yang bersangkutan yakni bagian kepegawaian. Setibanya disana saya berdiskusi bermacam macam hal untuk memastikan informasi terkait sertifikasi ini, saya fikir kalau dari sumber resmi yakni dinas pendidikan informasinya sangat akurat.

Dari dinas pendidikan untuk melengkapi informasi disarankan untuk mencari buku 1 sertifikasi 2015 atau informasi lain terkait dengan hal tersebut. Draff aturan buku 1 sertifikasi 2015 dan keterangan lainnya SILAHKANDOWNDLOAD DISINI

Ada beberapa informasi penting yang saya dapat terkait dengan pelaksaaan sertifikasi  tahun 2015 ini. Informasi ini bersumber dari Dinas Pendidikan dan dari informasi dari internet.

1.       Mulai tahun 2015 sertifikasi tidak lagi melalui proses PLPG tapi diganti dengan PPGJ (Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan)
2.       Guru yang mengajar setelah Desember 2015 mempunyai hak untuk mengikuti PPGJ. Logikanya yang mengajar sebelum Desember 2015 sudah terserap oleh PLPG.
3.       Ada beberapa tahapan yang harus diikuti pada PPGJ ini diantaranya UKA  (saya sendiri sudah UKA tahun 2014), RPL (10 SKS), WORKSHOP (12 SKS) dan PKM (14 SKS). Total 36 SKS  dalam jangka waktu 1 tahun

4.       RPL dijadwalkan akan dimulai sekitar bulan maret 2015.
5.       RPL singkatnya  saya pribadi menterjemahkan seperti portofolio, yakni pengumpulan berbagai maca dokumen
6.       Workshop sekitar Juni -oktober 2015,
7.       Workshop saya pribadi menterjemahkan seperti PLPG dan dilaksanakan 16 hari. Belum ada keterangan resmi tempat pelaksanaan  Workshop PPGJ 2015 .
8.       PKM sekita Juli – oktober 2015.

9.       PKM ini saya pribadi menterjemahkan seperti PPL masa kuliah dulu , di tempat tugas guru bersangkutan (disekolah asal).
10.   Kelulusan diumumkan sekitar Nov – Des 2015



11.   Jadi PPGJ dilaksanakan dalam rentang 1 tahun , namun bukan berarti harus kuliah 1 tahun. Untuk kegiatan workshop hanya 16 hari.
12.   Tentang apa itu RPL, Workshop, PKM silahkan baca di pembahasan buku 1 berikut ini.
13.   Ada beberapa ujian yang harus ditempuh yakni UKA, UJIAN TEST FORMATIF  (Saat workshop), Ujian Kinerja dan Ujian Tulis Nasional (saat PKM).
14.   Tidak ada keterangan resmi tentang kewajiban beban mengajar guru 24 JAM .  agak berbeda dengan aturan – aturan sertifikasi tahun sebelumnya yang dalam setiap tulisan mensyarakatkan beban mengajar 24 jam pada petunjuk buku 1 nya. (mudah mudahan ada perubahan ya..tapi ingat buku 1 sertikasi 2015 ini baru draff saja, jadi memungkinkan adanya perubahan)
15.   Dalam PPGJ ini yang paling sering disebut adalah linearitas mata pelajaran.  Artinya yang mengajarnya tidak sesuai dengan data maka segera diperbaiki, yang data mapelnya tidak sesuai dengan ijazah S1 silahkan cari informasi lebih lanjut.
16.   Dalam buku 1 ini disebutkan tentang sertfikasi ke 2 bagi guru – guru yang bermasalah sertifikasinya seperti mutasi ke mapel lain, atau sertifikasinya ingin disesuaikan dengan ijazahnya.
17.   Dalam buku 1 juga dinyatakan ada kegiatan yang berkaitan PKM dengan kurikulum 2013 , berarti memang buku 1 ini masih memungkinkan adanya perubahan mengingat kurikulum 2013 saat ini sedang dievaluasi habis habisan.
18.   Buku 1 sertifikasi 2015 ini masih berbentuk draff, jadi memungkinkan terjadinya perubahan.


Jika ditanya apa sih keuntungan dari PPGJ ini, saya rasa menguntungkan sekali untuk guru baru seperti saya, saya mulai mengajar sejak 2006-2007 akhir, jadi kalau aturannya masih PLPG maka saya tidak akan terbawa sampai kapanpun karena masa kerja yang diakui oleh proses PLPG adalah sebelum desember 2005, sampai kapanpun daftar nama saya akan tersingkir karena kalah oleh oknum oknum yang memasukkan SK sejak lulus SMA, lulus SMA langsung mengajar?? ..aneh banget ???.

Kalau ditanya apa sih kerugiannya PPGJ ini dibanding PLPG. Kerugian mungkin tidak ada kita ikuti saja prosesnya yang jelas dari segi waktu dan proses agak lebih selektif dan lama. Namanya juga perjuangan gak boleh instan, biar berasa berkahnya.

Bismillah..

Selamat Berjuang...

______________________________________________________
______________________________________________________
Jika anda merasakan manfaat dari informasi yang kami berikan..TEKAN TOMBOL SUKA dibawah ini..



_____________________________________________________

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Download Button RPP/PTK BISA PESAN DISINI !!
Download Button Download Button Download Button Download Button