SOAL DAN JAWABAN MATA KULIAH SEMINAR PENDIDIKAN


 SOAL DAN JAWABAN MATA KULIAH SEMINAR PENDIDIKAN


 

  1. Coba jelaskan pengertian dan fungsi “Seminar”? Menurut Akhli dan pendapat anda. 



Pengertian seminar menurut ahli


Seminar Pendidikan menurut Arman (2022 : 1)  merupakan bentuk kegiatan menyampaikan karya ilmiah tentang pendidikan yang direncanakan dan dipresentasikan dengan sumber atau peneliti dalam mengambil keputusan dan bertujuan untuk menyamakan pendapat terhadap suatu hasil karya ilmiah tersebut demi untuk mengambil kebenaran isi dari hasil karya ilmiah.



Pengertian seminar menurut pendapat sendiri

Seminar merupakan kegiatan untuk menyampaikan ide, gagasan, informasi atau karya ilmiah pada sebuath tema bahasan tertentu yang dapat diselenggarakan baik secara daring maupun luring dan dapat diselenggarakan baik oleh perorangan atau organisasi. Dengan satu atau banyak pembicara yang memiliki kompetensi dan disiplin ilmu yang sesuai serta dihadiri oleh sejumlah orang peserta.



Fungsi seminar menurut ahli Arman (2022 :1)


1. Sangat berguna untuk memperdalam ilmu

2. Sebagai tempat kita bebas mengaspirasaikan pendat ataupun pertanyaan yang sulit untuk diketahui.

3. Sebagai media komunikasi agar saling memberikan ikut serta pengetahuan dan saling bertukar pengalaman

4. Sebagai tempat ilmuan mengidentifikasikan masalah,

5. Untuk mengembangkan rencana

6. Sebagai metodologi penelitian dan tempat ilmuan

7.. Supaya dapat berfikir bagaimana cara menerapakan hasil penelitiannya.


Fungsi seminar menurut pendapat sendiri

  1. Sarana Menyampakan ide dan gagasan atau mempresntasikan sebuah karya tulis ilmiah

  2. Memperluas wawasan tentang suatu masalah atau suatu topik tertentu

  3. Dapat memfasilitasi pertukaran ide dan pemikiran antara para peserta

  4. Dapat digunakan untuk membangun sebuah komunitas dan jaringan misalnya MGMP Guru IPA





  1. Apa tujuan dan hasil yang ingin dicapai dari sebuah seminar? 


Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dari sebuah seminar dintarnya :


  1. Untuk merefleksi dan atau mengkoreksi hasil dari sebuah karya tulis ilmah

  2. Penyaji dan peserta mampu memahami konteks materi yang disajikan pada sebuah seminar.

  3. menyediakan forum bagi para ahli atau praktisi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman serta memperdalam wawasan tentang suatu bidang yang dibahas



Hasil yang ingin dicapai Oleh sebuah seminar


Ada beberapa hasil yang biasanya ingin dicapai oleh sebuah seminar, di antaranya:


  1. Penyebaran informasi: Seminar dapat digunakan sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi tentang suatu topik atau bidang keilmuan.


  1. Penggalian wawasan: Melalui seminar, para peserta dapat memperdalam wawasan dan pengetahuan tentang suatu topik yang dibahas.


  1. Pembentukan komunitas: Seminar dapat menjadi sarana untuk membangun komunitas yang memiliki minat yang sama dalam suatu bidang keilmuan.


  1. Promosi produk atau layanan: Bagi perusahaan atau organisasi, seminar dapat digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan produk atau layanan yang ditawarkan.


  1. Pembentukan jaringan: Seminar dapat menjadi sarana bagi para peserta untuk membangun jaringan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama atau yang berada di bidang yang sama.



 

  1. Apa manfaat yang akan kita dapat jika banyak mengikuti seminar? (5-7 Manfaat) 


a. Menambah wawasan


Pembicara yang dihadirkan pada sebuah seminar biasanya memiliki kualifikasi pendidikan yang mumpuni atau pakar pada bidangnya, kita dapa memperoleh ilmu yang mendalam dan tentunya akan diaplikasikan dalam kehidupan atau pekerjaan kita sehari-hari


B. Mendapat Sertifikat

Dalam kegiatan pengembangan diri yang dilakukan oleh guru salah satunya adalah mengikuti seminar dan bukti dari keikutsertaan pada seminar tersebut khususnya yang dapat digunakan untuk kenaikan pangkat adalah  sertifikat seminar.


C.Sarana Menambah Relasi

Sehat kegiatan seminar kita akan bertemu dengan orang-orang, dan pada saat itulah kita bisa berkomunikasi sehingga bisa menjalin sebuah relasi.


D. Bertemu dengan Tokoh Hebat

Acara seminar biasanya akan menghadirkan tokoh-tokoh hebat ada bidangnya. Dan saat itulah waktu yang tepat bagi kita untuk bisa berinteraksi dengan tokoh-tokoh hebat tersebut untuk mendapatkan ilmu yang terbaik



E.Melatih Mental


Salah satu manfaat dari kegiatan seminar adalah bisa melatih mental Khususnya ketika kita harus berhubungan dan berkomunikasi dengan orang-orang yang baru ataupun mereka yang memiliki kelebihan pada bidangnya. Terlebih jika kita menjadi pembicara moderator ataupun menjadi notulen maka kita akan Terlatih Untuk bisa berhadapan dengan orang banyak dan tampil di hadapan mereka.



 






  1. Unsur unsur apa saja yang wajib ada, agar seminar berjalan dengan baik? Jelaskan 



Beberapa unsur yang wajib ada pada sebuah seminar dan ini mutlak harus ada agar kegiatan seminar bisa berjalan dengan baik diantaranya adalah



  1. Ruang Seminar 


Ruang seminar adalah ruang Di mana tempat untuk menampung peserta seminar baik secara luring maupun secara daring.  ruang harus bisa menampung Seluruh aktivitas seminar.

Dalam kegiatan seminar secara luring ruang Seminar ini bisa berupa ruang aula ataupun ruangan lain.  Yang meja atau kursi untuk pemateri dan notulen serta moderator. Selain itu bisa dilengkapi dengan meja dan kursi peserta.

Sedangkan untuk kegiatan seminar secara daring bisa menggunakan layanan ruang atau room seperti dengan menggunakan aplikasi Zoom atau dengan aplikasi meet dan weebex. Ruang virtual ini harus bisa teroneksi dengan baik dengan tersedianya jaringan yang lancar.


  1. Pengarah

Syarat dari seorang pengarah adalah dia merupakan Orang yang ahli dan dapat menengahkan pendapat jika ada perbedaan antara peserta dengan penyaji. Pengarah harus memiliki kompetensi pendidikan yang mumpuni sehingga dia dapat menyelesaikan permasalahan yang ada tanpa melenceng dari karya ilmiah yang disajikan.

Pengarah dimungkinkan dapat berbicara dan memberikan pendapat pada saat akhir penyajian materi karya ilmiah. Pengarah juga dapat berbicara saat kegiatan seminar berlangsung.


  1. Peserta

Peserta pada dasarnya adalah orang-orang yang terlibat pada sebuah seminar baik daring maupun luring, Agar kegiatan seminar itu bisa berjalan dengan lancar maka peserta sebaiknya sudah diberikan materi pendek tentang tema seminar sebelum kegiatan seminar berlangsung. Agar pada saat kegiatan seminar peserta sudah mengetahui secara ringkas tentang materi yang akan dibahas.

Jika seminar itu merupakan sebuah teks maka teks tersebut telah dibaca terlebih dahulu atau dikritisi. 


3. Moderator

Moderator adalah orang yang mengarahkan jalannya seminar atau juga bisa dengan memoderasi seminar. Tujuannya agar seminar tidak melenceng dari tema yang telah ditetapkan.Tugas tugas moderator juga menjaga agar suatu Ide tertentu tidak terlalu mendominasi dalam sebuah seminar. Sebelum seminar dimulai moderator harus membaca terlebih dahulu materi seminar yang akan disampaikan. Selain dia juga harus bisa membuat poin-poin penting dari seminar itu sendiri. Moderator juga harus mampu memparafrases sebuah pertanyaan dan pernyataan-pernyataan yang hadir dalam sebuah seminar




  1. Notulen

Notulen adalah orang yang diberi tugas Dalam Seminar untuk membuat catatan ringkas serta merangkum jalannya seminar secara tertulis. Hasil dari notulen ini bisa dimanfaatkan untuk moderator ataupun pemateri agar dapat mengetahui detail dari kegiatan seminar tersebut. Notulen harus selalu berkomunikasi dengan moderator agar bisa berjalan kegiatannya sesuai dengan yang diharapkan.



5. Ada delapan susunan yang harus ada dalam sebuah artikel jurnal. Coba sebutkan dan 

jelaskan!!


Beberapa hal yang harus ada dalam sebuah artikel jurnal diantaranya adalah :

a. Judul

Beberapa kriteria dalam pembuatan judul untuk aktiva jurnal diantaranya adalah judul harus jelas, jodoh ini akan memudahkan bagi para pembaca jurnal untuk mengetahui gambaran Apa isi dari keseluruhan jurnal. Judul ini juga harus merepresentasikan permasalahan yang ada dalam artikel jurnal. Judul juga harus bisa merepresentasikan variabel-variabel yang diteliti baik berupa variabel bebas ataupun Variabel terikat.


B. Abstrak

Abstrak  mungkin terlihat seperti rangkuman tetapi pada dasarnya berbeda. Abstrak adalah representasi dari isi karya tulis ilmiah, yang disusun setelah artikel ilmiah selesai disusun. Beberapa kriteria penulisan abstrak diantaranya adalah harus setidaknya terdiri dari 250 kata yang di dalamnya sudah terbahas tentang masalah utama, tujuan penelitian , metode penelitian, hasil penelitian serta kesimpulan juga saran dan rekomendasi. Abstrak ini berdiri sendiri artinya tanpa catatan kaki. Abstrak juga biasanya ditulis lain dalam bahasa Inggris.


C. Pendahuluan

Pendahuluan berisikan tentang permasalahan yang diangkat pada sebuah karya tulis.  Selain itu juga berisikan tujuan spesifik dalam rangka teoritis. Juga disertai dengan latar belakang masalah, ringkasan dari setiap penelitian yang telah dilakukan Dan bagaimana sebuah percobaan akan membantu untuk menjelaskan atau memperluas pengetahuan dalam bidang umum.


D. Bahan Dan Metode

Pada bagian bahan dan metode peneliti akan menjelaskan tentang proses percobaan yang dilakukan, desain percobaan peralatan diku yang digunakan metode dalam pengumpulan data gambar dan lokasi serta jenis penelitian.


E, hasil

Bagian hasil peneliti bisa menyajikan data dalam bentuk tabel, teks maupun gambar. Peneliti tidak diperkenankan untuk menginterpretasi hasil pada bagian ini ataupun juga memberikan kesimpulan.


F. Pembahasan

Pada bagian pembahasan peneliti dapat menafsirkan data-data yang ada dengan bahasa sendiri dengan teknik analisa yang sesuai dengan kaidah ilmiah. Bisa juga dijelaskan hubungan atau korelasi antar variabel pada percobaan-percobaan yang telah dilakukan. Juga disertai dengan penjelasan yang berbeda dari hipotesis atau hasil yang berbeda atau serupa dengan setiap percobaan.


G. Kesimpulan

Kesimpulan adalah bagian akhir dari sebuah karya ilmiah, kesimpulan harus dapat menjawab tujuan penelitian juga permasalahan yang ada pada awal karya ilmiah. Setelah kesimpulan biasanya juga di berikan saran dan rekomendasi bagi pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini.


H. Daftar Pustaka

Daftar pustaka dituliskan di akhir karya tulis ilmiah. Daftar pustaka merupakan kumpulan-kumpulan dari literatur yang digunakan pada karya ilmiah tersebut yang terdiri dari nama pengarang, judul buku atau karya tulis, tahun terbit, penerbit dan kota di mana penerbit itu berada. Penulisan daftar pustaka harus sesuai dengan kaidah penulisan daftar pustaka.



6.  Sekarang ini ada prokontra di kalangan guru dan para pendidik, dalam penggunaan HP bagi anak sekolah di dalam kelas. Apakah Anda setuju atau kontra? Berikan 5-10 alasan


Saya adalah termasuk orang yang pro dalam penggunaan HP bagi anak sekolah di dalam kelas beberapa alasan yang saya dapat kemukanan diantaranya adalah:

  1.  terjadinya perkembangan dunia menuju era 4.0 yang ditandai dengan maraknya penggunaan piranti digital, peserta didik harus dipersiapkan untuk bisa Survive dalam menggunakan alat-alat tersebut di masa depan.

  2. Tersedianya media pembelajaran yang bervariasi di dunia digital yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

  3. Berkembangnya persepsi tentang ruang dan waktu di mana pembelajaran bisa dilaksanakan tidak hanya secara tatap muka tetapi juga bisa dengan tatap maya

  4. Terdapat berbagai macam aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran baik berupa LMS ataupun aplikasi lainnya

  5. Menyesuaikan dengan kodrat zaman bahwa kegiatan pembelajaran harus disesuaikan dengan keadaan zaman sekarang yang sesuai dengan perkembangan budaya yang dialami oleh peserta didik.

  6. Banyaknya program yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang berbasis digital yang bisa dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran.

  7. Pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan daya saing bangsa di masa depan.


7. Menggunakan aplikasi Zoom untuk meeting dan belajar jarak jauh pada saat ini marak digunakan oleh berbagai pihak.

  1.  Apa pendapat anda?

Menurut saya penggunaan aplikasi Zoom saat ini untuk kegiatan belajar jarak jauh sangatlah mendukung Terlebih jika situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan seperti ketika terjadi pandemi covid-19 yang tidak memungkinkan guru dan peserta didik bisa bertatap muka.


B. Sebutkan 10 kelebihan penggunaan aplikasi Zoom?

  • Bisa banyak orang dalam satu room

  • Dilakukan pemecahan room atau Breakout

  • Terdapat Zoom untuk user gratis yang terbatas waktu dan juga zoom dengan mode berbayar

  • Udah digunakan di semua platform digital seperti Windows ,Android maupun iOS

  • Bisa digunakan baik di PC yang berlayar besar maupun di handphone

  • Bisa digunakan untuk presentasi materi berupa PowerPoint

  • Ketika host keluar peserta masih dapat mengikuti room

  • Memiliki kualitas suara yang jernih

  • Memiliki kualitas visual yang jernih

  • Ketika kualitas jaringan tidak stabil bisa menyesuaikan dengan cara mematikan video


C. Apa hambatan yang sering dijumpai dalam penggunaan Zoom ?

Hambatan utama dalam penggunaan jump adalah ketika kualitas jaringan yang jelek maka terkadang Zoom akan keluar sendiri, memerlukan kuota internet yang mumpuni untuk dapat mengakses video dan audio secara jernih.


D. Jika anda menteri pendidikan Apa yang akan Anda lakukan atau program kan


Jika saya menjadi menteri pendidikan di Indonesia yang akan saya programkan adalah penggunaan aplikasi meeting buatan asli Indonesia dengan server asli Indonesia dan bisa digunakan secara gratis oleh seluruh pelaku pendidikan baik di tingkat sekolah maupun pendidikan tinggi. ..tyyt



8.

  1. Apa yang harus ad di BAB 1

Yang harus ada di BAB 1 adalah latar belakang, domain masalah, tujuan penelitian, pertanyaan penelitian dan hasil yang diharapkan

B. Apa hakikat BAB 2.

     BAB 2 hakikatnya adalah jawaban ideal dari seluruh pertanyaan yang ada pada BAB 1. Sehingga BAB 2 menjawab secara teoritis atas permasalaha yang dikemukakan pada BAB 1


C. Apa yang harus ada pada BAB 3

BAB 3 adalah metode penelitian yang berisikan metode untuk menemukan jawaban real dilapangan yang dirangkum dalam kisi-kisi penelitian.Adapun yang harus ada pada BAB 3 adalah :

  • Pendekatan dan metode penelitian]

  • Jenis data dan sumber data

  • Tahapan penelitian

  • Teknik pengumpulan data

  • Analisis pengolahan data

  • Cara memperoleh keabsahan data



D. Apa hakikat BAB 4 ?

Hakikat BAB 4 adalah jawaban real atas semua  pertaanyaan penelitian

Bab IV berisikan diantaranya :

  • Deskripsi umum lokasi penelitian

  • Hasil penelitian

  • Interpretasi data

  • Pembahasan hasil penelitian


E. Apa hakikat BAB 5

Hakikat BAB 5 adalah berisikan Kesimpulan dan rekomendasi yang berupa menyimpulkan hasil penelitian ssuai pertanyaan penelitian dan bisa dilakukan oleh siapapun yang berkepentingan



SUMBER REFERENSI

  1. Handout pak arman tentang seminar

  2. Handout pak arman tentang jurnal



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Download Button RPP/PTK BISA PESAN DISINI !!
Download Button Download Button Download Button Download Button