Soal Pedagogik guru dan Pembahasannya


Pedagogik adalah salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh guru. Mediailmu22 akan membagiakan soal pedagogik, soal pedagogik ini bisa anda gunakan untuk menyelesaikan soal pada kegiatan PPG atau PLPG atau kegiatan lainnya seperti UTN, Pretest UKG, Pretest PPG, MGMP. soal Pedagogik guru ini bisa untuk anda yang merupakan guru sd, guru smp, guru sma maupun guru smk. 


Belum LULUS PPG ?? Atau mau LULUS PPG ?.. pelajari SOAL PEDAGOGIK dalam bentuk Pilihan Ganda dengan INSTALL APLIKASI nya GRATIS KLIK DISINI !!!

Soal Pedagogik Dan Pembahasannya Bagian 1

1.     Sebutkan metode  dalam mengkaji perkembangan dan pertumbuhan anak, jelaskan prosedurnya dan uraikan kelebihan dan kelemahannya
2.    Sesuai dengan tugas pokok mengajar anda (jenjang SD/MI, SMP / Mts, SMA / MA / SMK), uraikan karakterristik siswa anda menurut pendapat berbagai psikolog perkembangan.
3.    Jelaskan, apakah materi kurikulum dan bahan ajar yang anda pakai sesuai dengan karakteristik perkembangan siswa anda!
4.    Jelaskan, metode / teknik mengajar apakah yang cenderung anda sarankan untuk mengajar siswa di sekolah anda, sesuai usia mereka dan mata pelajaran yang diajarkan! 

soal pedagogik,  soal pedagogik dan pembahasannya,  soal pedagogik sd,  soal pedagogik guru sd,  soal pedagogik guru,  soal kompetensi pedagogik,  soal pedagogik smk,  soal pedagogik smp,  soal pedagogik guru sma

Jawaban Pembahasan Soal Pedagogik Bagian 1

 1. Ada dua metode yaitu longitudinal dan cross sectional
a.   Metode logitudinal : peneliti mengamati dan mengkaji perkembangan satu atau banyak orang yang sama usia dalam waktu yang lama
b.   Metode cross sectional : peneliti mengamati dan mengkaji banyak anak dengan berbagai usia dalam waktu yang sama
Kelebihan dan kekurangan
a.  Metode logitudinal
-   Kelebihan : kesimpulan yang diambil lebih meyakinkan, karena membandingkan karakteristik anak yang sama pada usia yang berbeda-beda, sehingga setiapo perbedaan dapat diasumsiukan sebagai hasil perkembangan dan pertumbuhan.
-   Kekurangan : memerlukan waktu yang lama
b.  Metode cross sectional
-   Kelebihan : proses penelitian tidak memerlukan waktu lama, hasil segera dapat diketahui.
-   Kekurangan : peneliti menganalisis perbedaan karakteristik anak-anak yang berbeda, sehingga diperlukan kehati-hatian dalam menarik kesimpulan, bahwa perbedaan itu semata-mata karena perkembangan.
2.  Sesuai dengan tugas saya mengajar di jenjang SMP, maka karakteristik siswa saya adalah dalam masa remaja awal / pubescence yang ditandai dengan perkembangan pesat intelektual dan kemampuan bernalar juga disebut masa bertualang. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Jean Jacques Rousseau, atau jika mengacu kepada teori dari Stanley Hall   disebut sebagai masa remaja dengan tanda  sebagai manusia beradab yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan dunia yang selalu berubah. Atau dalam bahasa  Robert J. Havigurst disebut sebagai Masa adolesense awal / early adolescence (pubesen – pubertas) , sedang menurut Jean Piaget disebut sebagai Tahap operasonal form dimana siswa anak sudah mampu berpikir tingkat tinggi, seperti berpikir secara deduktif, induktif, menganalisis, mensintesis, mampu berpikir secara abstrak dan secara reflektif, serta mampu memecahkan berbagai masalah. Sedang menurut Erick Homburger Erickson disebut  masa Identity vs role confusion, dengan ciri Menjadi diri sendiri, berbagi konsep diri

3. Materi kurikulum dan bahan ajar yang saya pakai sudah sesuai dengan tahap perkembangan siswa karena siswa .................. berumur 12-15 tahun cenderung sudah memiliki kemampuan nalar yang lebih baik. Materi kurikulum khususnya ................... sudah mengenalkan kepada siswa akan pentingnya mengetahui fungsi organ – organ reproduksi yang pada umur mereka sedang mengalami tahap perkembangan.

4.  Metode yang sering dipakai adalah metode diskusi , dengan metode ini anak yang masih dalam tahap perkembangan akan cenderung dilatih untuk menerima perbedaan, saling merhargai satu sama lain dan melatih keberanian. Selain itu dengan metode ini diajarkan untuk saling bekerjasama satu siswa dengan siswa lainnya. Nilai – nilai ini penting untuk diterapkan dikehidupan masyarakat. Metode diskusi juga bisa meningkatkan kemampuan anak dalam pemahaman konsep dan keterampilan memecahkan masalah.

 Soal Pedagogik Guru Bagian 2
1.    Jelaskan pemahaman Anda tentang Standar Kompetensi Lulusan!
2.    Jelaskan pemahaman Anda tentang Kompetensi Inti!
3.    Apakah pemahaman Anda tentang Kompetensi Dasar?
4.    Apakah pemahaman Anda tentang Indikator?
5.    Bagaimana cara penyusunan Indikator dari Kompetensi Dasar? 

Jawaban dan Pembahasan Soal Pedagogik Bagian 2


1.   Standar Kompetensi Lulusan adalah salah satu dari Standar Nasional Pendidikan dan merupakan acuan utama yang menentukan Standar Nasional Pendidikan lainnya. Standar Kompetensi Lulusan pada dasarnya adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang seharusnya dicapai setelah kegiatan pembelajaran pada suatu jenjang pendidikan. Standar Kompetensi Lulusan biasanya mempertimbangkan perkembangan psikologis anak, lingkup dan kedalaman materi, kesinambungan, dan fungsi satuan pendidikan.

2.   Kompetensi inti atau disingkat KI pada hakikatnya adalah pencerminan dari SKL. KI terdiri dari KI-1 yakni sikap spiritual, KI-2 yakni sikap sosial, KI-3 yakni pengetahuan dan KI-4 yakni keterampilan. KI selanjutnya dikembangkan menjadi Kompetensi Dasar (KD). KI adalah tingkat kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh peserta didik dalam setiap tingkat kelas

3.   Kompetensi Dasar atau KD adalah pemcerminan atau penjabaran dari Kompetensi Inti, KD dikembangak berdasarkan karakteristik dan kemampuan peserta didik, dan kekhasan masing-masing mata pelajaran. KD untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan meliputi 4 KI sedangkan mata pelajaran lainnya KI-1 dan KI-2 nya ditumbukan melalui pembelajaran tidak langsung, yang secara langsung hanya KI-3 dan KI-4

4. Indikator pada dasarnya adalah perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator ada dua jenis, yakni indikator yang ada dalam RPP dan indikator soal (indikator untuk membuat instument soal)



5. Dalam menyusun indikator dari Kompetensi Dasar (KD) , indikator harus mengakomodir seluruh kompetensi yang ada dalam KD dan dalam bentuk kata kerja operasional yang mengacu pada ranah kognitif taksonomi Bloom, aspek sikap dapat mengacu pada ranah afektif taksonomi Bloom, aspek keterampilan dapat mengacu pada ranah psikomotor taksonomi Bloom.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Download Button RPP/PTK BISA PESAN DISINI !!
Download Button Download Button Download Button Download Button