Kumpulan Soal Hots IPA SMP Kelas 7 Kurikulum 2013
19_02
Edit
Berikut adalah kumpulan soal IPA SMP bertife Hots untuk materi sistem organisasi kehidupan, Interaksi mahluk hidup dengan lingkungan serta Pencemaran Lingkungan. Soal ini bisa anda gunakan untuk kegiatan ulangan harian, PTS , PAS maupun USBN. soal ini sudah sesuai dengan kurikulum 2013. silahkan untuk soal lain seperti Soal UN IPA SMP bisa anda cek di link disebelah bawah.
Kami juga menyediakan RPP IPA SMP lengkap kelas 789 [Lihat Disini] , media pembelajaran IPA berupa powerpoint , video dan animasi [Lihat Disini] dan PTK mapel IPA [Lihat Disini], anda bisa lihat detailnya di link tersebut atau hubungi kami sekarang di WA 081221773848
Soal Hots IPA SMP Kelas 7 Kurikulum 2013
1. Perhatikan daftar benda biotik berikut ini:
1) Ikan bandeng
2) Katak
3) Kepiting
4) Ikan mujahir
5) Udang
6) Lumut
7) Burung belibis
8) Kerang hijau
Daftar diatas merupakan data tentang komponen biotik yang ada pada sebuah ekosistem tertentu, dari data tersebut organisme yang dapat dibudidayakan di tambak adalah ....
A. 1 dan 5
B. 3 dan 7
C. 2 dan 4
D. 4 dan 8
2. Perhatikan gambar jaring-jaring makanan berikut ini :
Perburuan secara berlebihan menyebabkan populasi elang mengalami penurunan. Dampak bagi populasi di dalam ekosistem tersebut adalah ....
A. populasi katak turun, sedangkan populasi belalang naik
B. populasi ular naik, sedangkan populasi tikus turun
C. populasi ayam turun, sedangkan populasi belalang naik
D. populasi katak dan ular akan punah
3. Jika di sawah terdapat seekor burung, tiga petani, 15 ekor belalang, 6 ekor katak, 2 ekor ular, dan ada sinar matahari, maka yang disebut individu adalah . . . .
A. 1 ekor burung
B. 15 ekor belalang
C. 6 ekor katak
D. 2 ekor ular
4. Bila kadar karbondioksida dalam suatu ekosistem menurun, maka organisme yang pertama kali menerima dampak negatifnya adalah . . . .
A. karnivor
B. herbivor
C. konsumen
D. produsen
5. Dalam suatu ekosistem kolam, terdapat beberapa komponen, antara lain
1. Bakteri pengurai
2. Zat organik
3. Ikan herbivora
4. Fitoplankton
5. Ikan karnivora
Dari beberapa komponen-komponen tersebut, dapat disusun suatu rantai makanan. susunan rantai makanan yang benar adalah . . . .
A. 2 – 4 – 3 – 5 – 1
B. 4 – 2 – 3 – 5 – 1
C. 2 – 3 – 4 – 5 – 1
D. 1 – 2 – 4 – 3 – 5
6. Piramida biomassa dibentuk berdasarkan perbandingan . . . .
A. pengeluaran energi setiap tingkat trofik
B. pemakaian energi setiap tingkat trofik
C. berat keseluruhan dari setiap tingkat trofik
D. berat keseluruhan hasil ekskresi dan sekresi setiap tingkat trofik
7. Dalam ekosistem persawahan terdapat jaring makanan sebagai berikut. Bila dalam ekosistem tersebut ular habis diburu manusia, maka yang dapat diupayakan manusia agar hama tikus tidak mengganggu pertanian padi adalah . . . .
A. menjaga kelestarian elang
B. menjaga kelestarian katak
C. membasmi hama belalang dengan pestisida
D. mengusir burung pemakan padi
8. Perhatikan cuplikan teks berita berikut.
Pada hari Rabu 23 April 2014 pagi, diperkirakan sebanyak belasan ekor gajah menyerang Desa Bergang, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah. Puluhan hektar kebun masyarakat mulai dari kopi, cokelat, pinang, termasuk cabai rusak diamuk binatang berbelalai panjang itu, tetapi tidak sampai menyerang rumah penduduk. Tidak hanya gajah, satwa liar lain juga sering menyerang lahan pertanian penduduk, seperti landak yang merusak tanaman palawija dan kebun sawit, kasusnya belum lama ini terjadi di Kecamatan Langkahan dan Cot Girek. Dampak lainnya yang sangat dirasakan masyarakat Aceh Utara adalah aberasi bibir Sungai (Krueng) Kreuto, dipicu rusaknya daerah tangkapan air yang berada pada kawasan hutan lindung Cut Mutia di Bate Uleu, Kecamatan Cot Girek.Dari cuplikan berita tersebut, faktor-faktor yang menyebabkan peristiwa itu terjadi lagi adalah . . . .
A. menyempitnya habitat gajah
B. tidak adanya daerah konservasi gajah
C. lahan perkebunan dan habitat gajah tidak dipisahkan
D. tidak adanya pos-pos penjagaan lahan perkebunan.
9. Disebuah kandang ayam pak iwan memilihara 125 ekor ayam pedaging, interaksi yang mungkin terjadi antara ayam-ayam tersebut adalah . . . .
A. mutualisme
B. parasitisme
C. predasi
D. kompetisi
10. Disebuah kolam terlihat beberapa ekor kerbau sedang berkubang didalam genangan air yang kotor, di atas punggung kerbau tersebut terdapat beberapa ekor burung jalak, interaksi yang mungkin terjadi antara kedua organisme tersebut adalah....
A. mutualisme
B. parasitisme
C. predasi
D. kompetisi
11. Jika kita mengamati bagian sel dan sel tersebut dinyatakan mati, manakah dari organel sel
yang menjadi penentu sel tersebut diidentifikasi sebagai sel hidup atau sel mati?.....
A. Badan Golgi
B. Inti Sel
C. Dinding Sel
D. Vakuola
12. Setelah kamu melakukan praktikum dengan tujuan untuk membedakan sel hewan dan sel tumbuhan, maka berikut adalah pernyataan yang benar….
A. Sel tumbuhan memiliki plasma sel sedangkan sel hewan tidak memiliki
B. Sel tumbuhan memiliki dinding sel sedangkan sel hewan tidak memiliki
C. Sel tumbuhan memiliki membran inti sedangkan sel hewan tidak memiliki
D. Sel tumbuhan memiliki badan golgi sedangkan sel hewan tidak memiliki
13. Terdapat beberapa contoh bagian tubuh, yakni
1. Telur
2. Hati
3. Mata
4. Eritrosit
Dari ke empat bagian tubuh tersebut, manakah yang tergolong kedalam organ . . . .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
14. Dalam organisasi kehidupan terdapat berbagai macam komponen diantaranya
1. Organ
2. Sel
3. Organisme
4. Sistem Organ
Dari beberapa komponen-komponen tersebut, dapat disusun suatu organisasi kehidupan yang benar adalah . . . .
A. 2-1-4-3
B. 1-2-4-3
C. 2-1-3-4
D. 1-2-3-4
15. Berikut adalah data tentang sel prokariot dan eukariot, yang benunjukkan perbedaan antara keduanya adalah
A. Sel eukariot memiliki dinding inti sedangkan sel prokariot tidak memiliki membran inti
B. Sel eukariot tidak memiliki dinding inti sedangkan sel prokariot memiliki membran inti
C. Sel eukariot contohnya adalah sel hewan sedangkan prokariot contohnya adalah sel tumbuhan
D. Sel eukariot contohnya adalah bakteri dan alga biru sedangkan prokariot contohnya adalah sel hewan
16. Dalam lingkungan yang lebih besar terdapat berbagai macam komponen diantaranya
1. individu
2. Komunitas
3. Populasi
4. Ekosistem
Dari beberapa komponen-komponen tersebut, urutan yang benar adalah . . . .
A. 1-2-4-3
B. 1-3-2-4
C. 2-1-3-4
D. 4-2-3-1
17. Pak Asrun mengalami beberapa keluhan sakit pada pinggang bagian belakang, setelah diperiksa kebagaian dalam didiagnosa Pak Asrun menderita penyakit ginjal. Salah satu sistem organ yang terganggu adalah....
A. respirasi
B. ekskresi
C. koordinasi
D. pencernaan
18. Amir meneliti torso manusia yang berada di laboratorium, Di bawah ini adalah kelompok organ pencernaan yang ada pada torso tersebut adalah ….
A. mulut, kerongkongan, jantung, lambung, usus
B. mulut, tenggorokan, lambung, usus
C. mulut, kerongkongan, lambung, usus
D. mulut, tenggorokan. paru-paru, lambung
19. Anto ingin melakukan penelitian transfortasi pada tumbuhan, dia menggunakan bahan berupa tanaman pacar air, alasan yang tepat menggunakan pacar air adalah...
A. Pacar air mudah ditemukan
B. Pacar air memiliki tekstur batang yang transfaran
C. Pacar air tahan terhadap panas matahari
D. Pacar air memiliki batang yang bersifat lentur
20. Kita manusia menghirup udara maka udara akan masuk kedalam paru-paru, urutan organ yang benar ketika manusia menghirup udara adalah....
A. Hidung-Kerongkongan-Bronkus-Bronkeolus-Alveolus
B. Hidung-Tenggorokan-Bronkus-Bronkeolus-Alveolus
C. Hidung-Tenggorokan-Bronkeolus-Alveolus-Bronkus
D. Hidung-Kerongkongan-Bronkeolus-Alveolus-Bronkus
21. Insektisida bersifat racun, jika suatu ekosistem air tawar tercemar insektisida kadar terbesar penimbunan bahan pencemar akan terdapat pada . . . .
A. air tawar
B. ikan kecil
C. Fitoplankto
D. ikan besar
22. Fertilizer dimungkinkan dipakai secara berlebih pada ekosistem air, hal yang mungkin terjadi ketika penggunaan fertilizer secara berlebihan adalah….
A. Meningkatnya polulasi alga
B. Menurunnya polulasi alga
C. Meningkatnya populasi ikan
D. Menurunnya polulasi ikan
Demikian kumpulan soal IPA SMP bertife Hots dari blog mediailmu22 untuk materi sistem organisasi kehidupan, Interaksi mahluk hidup dengan lingkungan serta Pencemaran Lingkungan. soal ini bisa anda copy paste sesuai dengan keperluan anda. Soal ini bisa anda
gunakan untuk kegiatan ulangan harian, PTS , PAS maupun USBN. soal ini sudah sesuai dengan kurikulum 2013. silahkan untuk soal lain seperti Soal UN IPA SMP bisa anda cek di link disebelah bawah.