Cara Mengatasi Lupa Email atau Password Login Sim PKB Guru Pembelajar Terbaru


Sudah diketahui bahwa saat ini di dunia pendidikan semua hal sudah terintegrasi dalam database secara online, sebagai pusat datanya adalah dapodik, jadi semua data baik data sekolah, data guru, data siswa, data sarana dan prasarana sudah terintegrasi dalam satu data pokok yakni dapodik, sedangkan khusus untuk guru utamanya dalam program PKB guru pembelajar pemerintah menyediakan web tersendiri yang dinamakan dengan SIM PKB guru pembelajar. Banyak yang bertanya bagaimana cara login, atau bahkan bagiaman cara mendaftar di sim PKB guru pembelajar baik untuk guru pemula (honorer) maupun guru PNS, silahkan disimak selengkapnya di posting berikut ini.

Login Sim PKB Guru Pembelajar, pkb guru, sim gpo, ppg 2018, sertifikasi guru


SIM PKB Guru

SIM PKB  atau sim GPO secara harfiah bisa diartikan Sistem Informasi Managemen yang terintegrasi pada kegiatan PKB guru, PKB guru sendiri adalah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Arti sederhananya adalah program untuk mengembangkan kompetensi guru khususnya kompetensi profesional. Di dalam sim pkb terdapat beberapa menu, khususnya adalah capai kegiatan PKB guru

Cara login Sim PKB Guru Pembelajar

Login ke sim pkb guru pembelajar bisa dilakukan melalui laptop maupun hp android

Cara login sim PKB guru Pembelajar adalah sebagai berikut :
  1. Login ke web sim pkb
  2. Klik link berikut https://app.simpkb.id/
  3. Login dengan email dan password yang sudah ditentukan. Emailnya biasanya berakhiran @guruku.id jadi bukan email gmail atau yahoo.
  4. Setelah anda berhasil login anda bisa melihat menu-menu seperti :

  • Beranda : yakni halaman depan
  • Materi Diklat yang berisi : Materi Diklat Kepala Sekolah Kurikulum 2013, Materi Diklat Pengawas Kurikulum 2013, Materi Diklat Guru Mapel Kurikulum 13, Petunjuk dan Teknis Pelaksanaan Banpem pendidikan Dasar , Petunjuk dan Teknis Pelaksanaan Banpem Dikmen 2018 Dan Petunjuk dan Teknis Pelaksanaan Banpem Tenaga pendidik 2018
  • Riwayat Capaian dan pelatihan : adalah riwayat test SIM GPO biasanya dari tahun 2015 sampai terakhir kita melakukan kegiatan PKB sampai dengan test, disana akan ditampilkan hasil capaian modul apakah sudah melampaui KCM atau kriteria Capaian Minimal, untuk tahun ini sendiri KCM nya adalah 80, jadi warna merah pada tahun sebelumnya pada capaian akan bertambah
  • Riwayat Pelatihan
  • Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) : Pada menu ini akan ditampilkan jika anda termasuk kedalam peserta PPG guru atau tidak, jika anda sudah memiliki sertifikat pendidik maka menu ini tidak usah diperhatikan.


Cara mengatasi lupa email dan password sim pkb
Yang memiliki otoritas untuk mengganti atau mereset password dari sim pkb guru adalah ketua pokja PKB alias ketua MGMP mapel yang anda ikuti, jadi kalau anda belum terdaftar di grup sim pkb MGMP maka anda harus minta didaftarkan dulu ke ketua MGMP. Jika anda tidak mengetahui email dan password juga bisa mendapatkannya di ketua MGMP, atau silahkan hubungi Dinas Pendidikan Setempat khususnya bagian IT.

Jenis Kegiatan PKB guru
Kegiatan PKB guru biasanya terdiri dari tiga jenis moda yakni : 
a. Moda tatap muka : artinya kegiatannya hanya kegiatan tatap muka dengan mentor tanpa daring (kegiatan online)
b. Moda daring murni : artinya kegiatan dilakukan hanya online saja tanpa tatap muka sama sekali
c. Moda daring kombinasi : artinya kegiatan dilakukan dengan tatap muka dan daring (online)

Demikian tentang cara Login Sim PKB Guru Pembelajar dan cara mengatatasi  lupa email dan password sim pkb dan jenis-jenis kegiatan PKG guru, semoga bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

MODUL, PTK BISA PESAN DISINI !!
Download Button Download Button Download Button Download Button