Contoh PTK (Penelitian Tindakan Kelas) SD Kelas 3 Mapel IPA Media Visual



Berikut mediailmu22 akan memberikan penggalan dari contoh penelitian tindakan kelas 3 tidak dalam bentuk pdf tapi word (file doc), contoh ptk sd kelas 3 ini versi lengkapnya bisa anda dapatkan dengan menghubungi kami di WA/SMS = 081221773848 (atau KLIK DISINI) insyallah kami akan dengan senang hati membantu anda menyusun PTK dengan judul penelitian tindakan kelas yang sangat fariatif dan dengan jasa penyusunan yang terjangkau. Tersedia juga contoh penelitian tindakan kelas SMP, MTS, SMA, SMK 

Judul Penelitian Tindakan Kelas
Kali ini mediailmu akan menyajikan penggalan contoh ptk sd kelas 3 dengan judul “Meningkatkan Minat Belajar IPA pada Siswa kelas III SD MEDIAILMU22 dengan Media Visual pada Materi Wujud Benda Semester Genap Tahun Ajaran.....................”

contoh penelitian tindakan kelas,  contoh ptk sd kelas 4,  judul penelitian tindakan kelas 1,  contoh ptk sd kelas ,  penelitian tindakan kelas pdf, langkah langkah penelitian tindakan kelas,   makalah penelitian tindakan kelas,  pengertian ptk menurut para ahli, contoh penelitian tindakan kelas smp,  judul ptk bahasa indonesia, contoh judul ptk matematika, ptk sd kelas 5 matematika


BAB I PENDAHULUAN 
A.      Latar Belakang
Pembelajaran IPA di SD memberi kesempatan untuk memupuk rasa ingin tahu siswa secara alamiah. Hal ini akan membantu siswa mengembangkan kemampuan bertanya dan mencari jawaban berdasarkan bukti serta mengembangkan cara berpikir ilmiah. IPA tidak hanya merupakan kumpulan pengetahuan atau kumpulan fakta, konsep, prinsip, atau teori semata. Tetapi IPA juga menyangkut tentang cara kerja, cara berpikir dan cara memecahkan masalah. Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), BSNP (2011:13) menyatakan mata pelajaran IPA di SD bertujuan agar siswa memiliki kemampuan sebagai 1) Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya. 2) Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep Sains yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 3) Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara Sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat. 4) Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan. 5) Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam. 6) Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan. 7) Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan Sains sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP.
Namun kenyataannya di kelas III SD MEDIAILMU22 semester genap tahun ajaran ................ wali kelas III beserta siswa memiliki kesulitan pada minat belajar IPA khususnya materi wujud benda. Siswa terlihat kurang berminat pada tema IPA dan hal tersebut dikeluhkan oleh wali kelas III.
Dari permasalahan di atas peneliti mencoba memcahkan masalah dengan cara merubah pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan metode ceramah maka peneliti mencoba untuk menerapkan media visual sebagai media bantu supaya siswa lebih berminat dalam belajar IPA. Minat merupakan suatu keadaan di mana seseorang mempunyai perhatian terhadap sesuatu dan disertai keiinginan untuk mengetahui dan mempelajari maupun membuktikannya lebih lanjut. Minat timbul karena adanya perhatian yang mendalam terhadap suatu obyek, di mana perhatian tersebut menimbulkan keinginan untuk mengetahui, mempelajari, serta membuktikan lebih lanjut. Hal itu menunjukkan, bahwa dalam minat, di samping perhatian juga terkandung suatu usaha untuk mendapatkan sesuatu dari obyek minat tersebut.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa minat akan meningkat dan berkembang apabila diterapkan media visual dalam meningkatkan minat belajar IPA pada siswa kelas III SD MEDIAILMU22, oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan Minat Belajar IPA pada Siswa kelas III SD MEDIAILMU22 dengan Media Visual pada Materi Wujud Benda Semester Genap Tahun Ajaran ......................”.

Anda Sedang Membaca "contoh ptk sd kelas 3" dapatkan PTK lengkap lainnya KLIK DISINI

BAB II LANDASAN TEORI DAN KAJIAN PUSTAKA
A.      Landasan Teori
1.        Minat Belajar
Minat merupakan suatu keadaan di mana seseorang mempunyai perhatian terhadap sesuatu dan disertai keiinginan untuk mengetahui dan mempelajari maupun membuktikannya lebih lanjut. Minat timbul karena adanya perhatian yang mendalam terhadap suatu obyek, di mana perhatian tersebut menimbulkan keinginan untuk mengetahui, mempelajari, serta membuktikan lebih lanjut. Hal itu menunjukkan, bahwa dalam minat, di samping perhatian juga terkandung suatu usaha untuk mendapatkan sesuatu dari obyek minat tersebut.
Menurut M. Buchori (1999:135) pengertian minat adalah kesadaran seseorang, bahwa suatu objek, seseorang, suatu soal atau situasi mengandung sangkut paut dengan dirinya. Jadi minat harus dipandang sebagai suatu sambutan yang sadar, kalau tidak demikian minat itu tidak memiliki arti sama sekali. Sedangkan Sardiman AM (1988:76) menyatakan, bahwa minat seseorang terhadap suatu obyek akan lebih kelihatan apabila obyek sasaran bekaitan dengan keinginan dan kebutuhan seseorang yang bersangkutan. Pendapat ini memberikan pengertian, bahwa minat merupakan suatu kondisi yang terjadi apabila berhubungan dengan keinginan atau kebutuhan sendiri, dengan kata lain ada kecenderungan apa yang dilihat dan diamati seseorang adalah sesuatu yang berhubungan dengan keinginan dan kebutuhan seseorang tersebut.
Cony Semiawan (dalam Paimun dkk, 1998:48) mengatakan, bahwa pengertian minat adalah suatu keadaan mental yang menghasilkan respons terarah kepada suatu situasi atau obyek tertentu yang menyenangkan dan memberikan kepuasan kepadanya. Dengan demikian, minat dapat menimbulkan sikap yang merupakan suatu kesiapan berbuat bila ada stimuli khusus sesuai dengan keadaan tersebut.
Keterkaitan dengan sikap, dapat pula diartikan sebagai kecenderungan yang sudah relatif menetap pada diri seseorang untuk menyukai objek-objek atau kegiatan-kegiatan yang membutuhkan perhatian dan menghasilkan kepuasan. Minat merupakan suatu perangkat mental yang meliputi campuran antara perasaan, harapan, pendirian, prasangka, rasa takut atau kecenderungan-kecenderungan lain yang mengarahkan seseorang kepada suatu pilihan tertentu. Sejalan dengan pendapat di atas, S. Nasution (1987:66), menyatakan bahwa minat merupakan pernyataan psikis yang menunjukkan adanya pemusatan pikiran, perasaan, dan kemauan terhadap suatu obyek, karena obyek tersebut menarik perhatian.
Berdasarkan pendapar-pendapat di atas dapat dipahami, bahwa seseorang menaruh minat terhadap suatu obyek karena adanya rangsangan, stimulus, atau dorongan. Rangsangan atau dorongan tersebut, dapat berasal dari kekuatan minat itu sendiri, sehingga dapat disimpulkan bahwa seseorang tidak dapat dikatakan mempunyai minat terhadap suatu obyek tanpa adanya respon atau dorongan terhadap obyek tersebut.
 Demikian penggalan dari contoh ptk sd kelas 3, anda membutuhkan contoh penelitian tindakan kelas lengkap dari cover ptk sampai dengan lampiran ? silahkan menghubungi customer servis mediailmu22 di SMS/WA = 081221773848. Tersedia juga contoh penelitian tindakan kelas SMP, MTS, SMA, SMK 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

MODUL, PTK BISA PESAN DISINI !!
Download Button Download Button Download Button Download Button