Contoh PTK Penjas SD Kelas 3
18_06
Edit
Berikut merupakan contoh penelitian tindakan kelas,
khususnya Contoh PTK Penjas SD Kelas 3, tersedia juga contoh contoh ptk sd
kelas 1, contoh ptk sd kelas 2, contoh ptk sd kelas 4, contoh ptk sd kelas 5
dan contoh ptk sd kelas 6. Anda bisa mendapatkan PTK lengkapnya dengan KLIK
DISINI
Judul
Penelitian Tindakan Kelas
Kali ini Judul Penelitian Tindakan Kelas adalah “Apakah pembelajaran materi senam lantai sikap lilin melalui metode kartu tugas
dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III SD Media Ilmu22 Semester
Ganjil Tahun Pelajaran ...........................?”
Isi Penelitian Tindakan Kelas
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pada
hakekatnya olahraga merupakan bagian dari kehidupan manusia sepanjang masa.
Sepanjang masa mengandung pengertian berawal dari kapan manusia itu ada dan
akan tidak berakhir bila manusia itu selalu ada. Fungsi, kedudukan, dan hakekat
olahraga itu sendiri tidak akan berubah ialah gerak manusia sebagai bagian dari
kehidupan manusia tetapi tujuan olahraga mungkin berubah sesuai dengan
perkembangan jaman dan perkembangan kehidupan manusia (Retno, 2009:9).
Melalui
PJOK, siswa disosialsiasikan ke dalam aktivitas jasmani termasuk keterampilan
berolahraga. Oleh karena itu tidaklah mengherankan apabila banyak yang meyakini
dan mengatakan bahwa PJOK merupakan bagian dari pendidikan menyeluruh, dan
sekaligus memiliki potensi yang strategis untuk mendidik (Suherman, 2000:1).
Kurikulum
di Sekolah Dasar menyelenggarakan mata pelajaran pendidikan olahraga dan
kesehatan (Penjasorkes) diantara standar kompetensi yang distandarkan oleh
pemerintah adalah pembelajaran senam yang merupakan salah satu standar
kompetensi yang diprogramkan dalam kurikulum.
Pembelajaran
penjasorkes sesuai kompetensi dasar di Sekolah Dasar mempraktikan rangkaian
senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja sama dan tanggung
jawab. Praktik keterampilan senam lantai tanpa alat pada kelas III antara lain;
1) guling depan, 2) guling belakang, 3) kayang, 4) sikap lilin. Berdasarkan pengamatan di lapangan ditemukan diantara
ragam gerakan senam yang lain
diidentifikasi siswa putri khususnya dalam praktik sikap lilin sebagian besar
tidak mampu mempraktikan gerakan dengan baik dan benar sehingga tidak mencapai
batas ketuntasan minimal yang sudah diprogramkan. Kondisi
tersebut teridentifikasi dalam daftar nilai, analisis dan remedial test praktik
dan fakta tersebut sesuai tabel data yang dirangkum dari wali kelas III, tabel
di bawah ini, Hasil tes siswa senam lantai keterampilan sikap lilin.
Tabel 1.1
Hasil Belajar Senam Sikap lilin Siswa Kelas III Tahun ...........................
Sebelum
Tindakan Penelitian
Rata-rata
|
Ketuntasa
|
Keterangan
|
74
|
55%
|
Kelas III
|
Sumber : Guru Penjasorkes SD Media Ilmu22, Agustus ….......
Dari
kondisi nyata di atas menurut pengamatan ada beberapa faktor yang menjadi
penyebab mengapa nilai praktik senam sikap lilin yang didapatkan siswa Kelas
III kurang memuaskan. Faktor yang menjadi penyebab diantaranya dari dalam diri siswa
yang menjadi kendala untuk mengembangkan kemampuan motorik dalam melaksanakan
pembelajaran senam, terbatasnya kemampuan kekuatan lengan yang mereka miliki
dan kekuatan lengan merupakan komponen fisik pendukung dominan untuk praktik
gerak keterampilan senam sikap lilin.
Dalam
penelitian ini akan menerapkan metode pembelajaran latihan (Practice style) melalui kartu tugas
terhadap hasil belajar sikap lilin. Dalam pembelajaran yang ada selama ini
kurang variatif dalam penerapan metode pembelajaran sehingga para siswa bosan
pada pembelajaran senam sehingga hasil belajar sikap lilin siswa Kelas III
kurang memenuhi harapan kriteria ketuntasan minimal. Untuk mengatasi masalah
tersebut, peneliti tertarik mengadakan penelitian tentang variasi metode
pembelajaran untuk hasil belajar sikap lilin.
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka peneliti ingin mencari solusi mengadakan
penelitian tentang judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Senam
Lantai Dasar Keseimbangan melalui Metode Kartu Tugas pada Siswa Kelas III SD Media
Ilmu22 Semester Ganjil Tahun Pelajaran ...........................”.
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
1.
Pra Tindakan
Berdasarkan
observasi pra tindakan peneliti menemukan hasil belajar sikap lilin dengan
nilai rata-rata 74,55 dengan ketuntasan belajar 73%. Dapat dilihat pada tabel
4.2.
2.
Siklus 1
Pelaksanaan
siklus I terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Tahap-tahap yang dilaksanakan pada siklus I adalah
sebagai berikut:
a.
Perencanaan
Pada
tahap perencanaan siklus I ini peneliti mempersiapkan pembelajaran yang terdiri
atas rencana pembelajaran , lembar observasi proses pembelajaran penjas dengan
materi sikap lilin dengan metode kartu tugas, soal tes kognitif dan alat-alat
pengajaran yang mendukung.
b.
Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan
tindakan pada proses pembelajaran dalam siklus I dilaksanakan di ruang kelas
III SD Media Ilmu22, pada tanggal 30 Agustus 2016 selama 2 jam pelajaran (70
menit), adapun objek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas III yang dijadikan
sampel berjumlah 11 siswa. Langkah-langkah dalam pembelajaran ini adalah:
§ Kegiatan Awal (10 menit)
Pertama
siswa dikumpulkan di dalam kelas untuk mengerjakan kartu tugas kognitif
terlebih dahulu. Setelah itu guru menerangkan materi sikap lilin menggunakan gambar
yang ada di dalam kartu tugas. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya
tentang materi yang kurang jelas. Kemudian semua siswa dipersilahkan ke
lapangan olahraga untuk melakukan praktek, setelah itu siswa melakukan
pemanasan dengan permainan kanan-kiri, yaitu siswa dibagi menjadi 2 kelompok,
jika guru mengangkat tangan kanan maka semuanya harus cepat-cepatan lari ke
kanan, kelompok yang kalah menggendong yang menang. Kemudian siswa melakukan
peregangan.
§ Kegiatan Inti (50 menit)
Pada
kegiatan inti guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberi motivasi pada
anak didiknya. Selanjutnya guru menjelaskan tahapan-tahapan gerakan sikap lilin
yang ada di dalam kartu tugas. Semua siswa menirukan gerakan-gerakan tersebut
secara terus menerus.
Semua
siswa melakukan latihan sikap lilin menggunakan bantuan tembok dan teman untuk
memegang pergelangan kaki. Setelah itu semua siswa melakukan gerakan sikap
lilin tanpa bantuan tembok akan tetapi menggunakan bantuan teman untuk memegang
pergelangan kaki. Kemudian setiap siswa melakukan gerakan sikap lilin tanpa
bantuan apapun.
§ Kegiatan Akhir (10 menit)
…............................ (bersambung)
Demikian sedikit contoh
penelitian tindakan kelas 3 dengan judul “Apakah pembelajaran materi senam lantai sikap lilin melalui metode kartu tugas
dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III SD Media Ilmu22 Semester
Ganjil Tahun Pelajaran ...........................?” .. jika anda
menginginkan PTK lengkapnya bisa menghubungi kami di SMS / WA = 081221773848
atau KLIK DISINI, Tersedia juga tersedia
juga contoh ptk sd kelas 1, contoh ptk
sd kelas 2, contoh ptk sd kelas 4, contoh ptk sd kelas 5 dan contoh ptk sd
kelas 6.