Contoh PTK Penjas SD Kelas 3



Berikut merupakan contoh penelitian tindakan kelas, khususnya Contoh PTK Penjas SD Kelas 3, tersedia juga contoh contoh ptk sd kelas 1, contoh ptk sd kelas 2, contoh ptk sd kelas 4, contoh ptk sd kelas 5 dan contoh ptk sd kelas 6. Anda bisa mendapatkan PTK lengkapnya dengan KLIK DISINI

Judul Penelitian Tindakan Kelas
Kali ini Judul Penelitian Tindakan Kelas adalah “Apakah pembelajaran materi senam lantai sikap lilin melalui metode kartu tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III SD Media Ilmu22 Semester Ganjil Tahun Pelajaran ...........................?”

contoh penelitian tindakan kelas,  contoh ptk sd kelas 4,  judul penelitian tindakan kelas 1,  contoh ptk sd kelas ,  penelitian tindakan kelas pdf, langkah langkah penelitian tindakan kelas,   makalah penelitian tindakan kelas,  pengertian ptk menurut para ahli, contoh penelitian tindakan kelas smp,  judul ptk bahasa indonesia, contoh judul ptk matematika, ptk sd kelas 5 matematika,   ptk penjaskes sd



Isi Penelitian Tindakan Kelas 
BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Pada hakekatnya olahraga merupakan bagian dari kehidupan manusia sepanjang masa. Sepanjang masa mengandung pengertian berawal dari kapan manusia itu ada dan akan tidak berakhir bila manusia itu selalu ada. Fungsi, kedudukan, dan hakekat olahraga itu sendiri tidak akan berubah ialah gerak manusia sebagai bagian dari kehidupan manusia tetapi tujuan olahraga mungkin berubah sesuai dengan perkembangan jaman dan perkembangan kehidupan manusia (Retno, 2009:9).
Melalui PJOK, siswa disosialsiasikan ke dalam aktivitas jasmani termasuk keterampilan berolahraga. Oleh karena itu tidaklah mengherankan apabila banyak yang meyakini dan mengatakan bahwa PJOK merupakan bagian dari pendidikan menyeluruh, dan sekaligus memiliki potensi yang strategis untuk mendidik (Suherman, 2000:1).
Kurikulum di Sekolah Dasar menyelenggarakan mata pelajaran pendidikan olahraga dan kesehatan (Penjasorkes) diantara standar kompetensi yang distandarkan oleh pemerintah adalah pembelajaran senam yang merupakan salah satu standar kompetensi yang diprogramkan dalam kurikulum.
Pembelajaran penjasorkes sesuai kompetensi dasar di Sekolah Dasar mempraktikan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja sama dan tanggung jawab. Praktik keterampilan senam lantai tanpa alat pada kelas III antara lain; 1) guling depan, 2) guling belakang, 3) kayang, 4) sikap lilin. Berdasarkan pengamatan di lapangan ditemukan diantara ragam gerakan senam yang lain diidentifikasi siswa putri khususnya dalam praktik sikap lilin sebagian besar tidak mampu mempraktikan gerakan dengan baik dan benar sehingga tidak mencapai batas ketuntasan minimal yang sudah diprogramkan. Kondisi tersebut teridentifikasi dalam daftar nilai, analisis dan remedial test praktik dan fakta tersebut sesuai tabel data yang dirangkum dari wali kelas III, tabel di bawah ini, Hasil tes siswa senam lantai keterampilan sikap lilin.
Tabel 1.1
Hasil Belajar Senam Sikap lilin Siswa Kelas III Tahun ...........................
Sebelum Tindakan Penelitian
Rata-rata
Ketuntasa
Keterangan
74
55%
Kelas III
Sumber : Guru Penjasorkes SD Media Ilmu22, Agustus ….......
Dari kondisi nyata di atas menurut pengamatan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa nilai praktik senam sikap lilin yang didapatkan siswa Kelas III kurang memuaskan. Faktor yang menjadi penyebab diantaranya dari dalam diri siswa yang menjadi kendala untuk mengembangkan kemampuan motorik dalam melaksanakan pembelajaran senam, terbatasnya kemampuan kekuatan lengan yang mereka miliki dan kekuatan lengan merupakan komponen fisik pendukung dominan untuk praktik gerak keterampilan senam sikap lilin.
Dalam penelitian ini akan menerapkan metode pembelajaran latihan (Practice style) melalui kartu tugas terhadap hasil belajar sikap lilin. Dalam pembelajaran yang ada selama ini kurang variatif dalam penerapan metode pembelajaran sehingga para siswa bosan pada pembelajaran senam sehingga hasil belajar sikap lilin siswa Kelas III kurang memenuhi harapan kriteria ketuntasan minimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti tertarik mengadakan penelitian tentang variasi metode pembelajaran untuk hasil belajar sikap lilin.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti ingin mencari solusi mengadakan penelitian tentang judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Senam Lantai Dasar Keseimbangan melalui Metode Kartu Tugas pada Siswa Kelas III SD Media Ilmu22 Semester Ganjil Tahun Pelajaran ...........................”.


BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.      Hasil Penelitian
1.        Pra Tindakan
Berdasarkan observasi pra tindakan peneliti menemukan hasil belajar sikap lilin dengan nilai rata-rata 74,55 dengan ketuntasan belajar 73%. Dapat dilihat pada tabel 4.2.
2.        Siklus 1
Pelaksanaan siklus I terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tahap-tahap yang dilaksanakan pada siklus I adalah sebagai berikut:
a.        Perencanaan
Pada tahap perencanaan siklus I ini peneliti mempersiapkan pembelajaran yang terdiri atas rencana pembelajaran , lembar observasi proses pembelajaran penjas dengan materi sikap lilin dengan metode kartu tugas, soal tes kognitif dan alat-alat pengajaran yang mendukung.
b.        Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan tindakan pada proses pembelajaran dalam siklus I dilaksanakan di ruang kelas III SD Media Ilmu22, pada tanggal 30 Agustus 2016 selama 2 jam pelajaran (70 menit), adapun objek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas III yang dijadikan sampel berjumlah 11 siswa. Langkah-langkah dalam pembelajaran ini adalah:
§  Kegiatan Awal (10 menit)
Pertama siswa dikumpulkan di dalam kelas untuk mengerjakan kartu tugas kognitif terlebih dahulu. Setelah itu guru menerangkan materi sikap lilin menggunakan gambar yang ada di dalam kartu tugas. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang kurang jelas. Kemudian semua siswa dipersilahkan ke lapangan olahraga untuk melakukan praktek, setelah itu siswa melakukan pemanasan dengan permainan kanan-kiri, yaitu siswa dibagi menjadi 2 kelompok, jika guru mengangkat tangan kanan maka semuanya harus cepat-cepatan lari ke kanan, kelompok yang kalah menggendong yang menang. Kemudian siswa melakukan peregangan.
§  Kegiatan Inti (50 menit)
Pada kegiatan inti guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberi motivasi pada anak didiknya. Selanjutnya guru menjelaskan tahapan-tahapan gerakan sikap lilin yang ada di dalam kartu tugas. Semua siswa menirukan gerakan-gerakan tersebut secara terus menerus.
Semua siswa melakukan latihan sikap lilin menggunakan bantuan tembok dan teman untuk memegang pergelangan kaki. Setelah itu semua siswa melakukan gerakan sikap lilin tanpa bantuan tembok akan tetapi menggunakan bantuan teman untuk memegang pergelangan kaki. Kemudian setiap siswa melakukan gerakan sikap lilin tanpa bantuan apapun.

§  Kegiatan Akhir (10 menit)
............................ (bersambung)

Demikian sedikit contoh penelitian tindakan kelas 3 dengan judul “Apakah pembelajaran materi senam lantai sikap lilin melalui metode kartu tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III SD Media Ilmu22 Semester Ganjil Tahun Pelajaran ...........................?” .. jika anda menginginkan PTK lengkapnya bisa menghubungi kami di SMS / WA = 081221773848 atau KLIK DISINI, Tersedia juga tersedia juga contoh ptk sd kelas 1, contoh ptk sd kelas 2, contoh ptk sd kelas 4, contoh ptk sd kelas 5 dan contoh ptk sd kelas 6.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

MODUL, PTK BISA PESAN DISINI !!
Download Button Download Button Download Button Download Button