Soal Pedagogik Guru Dan Pembahasannya Lengkap ( Lanjutan)


Soal Pedagogik _ 

Setelah blog mediailmu22 memberikan soal - soal pedagogik bagian satu (Lihat Soal - Soalnya KLIK DISINI , dan banyak guru yang merasa terbantu, terlebih dalam persiapan sertifikasi PPG dalam jabatan, maka kali ini blog mediailmu22 memberikan lanjutan Soal Pedagogik Guru Dan Pembahasannya Lengkap.


Belum LULUS PPG ?? Atau mau LULUS PPG ?.. pelajari SOAL PEDAGOGIK dalam bentuk Pilihan Ganda dengan INSTALL APLIKASI nya GRATIS KLIK DISINI !!!

Dibaca sampai selesai ya.. agar komperehensif dan tidak parsial. silahkan menyebarkan soal ini namun alangkah baiknya mencantumkan blog mediailmu22 sebagai daftar referensinya. terimakasih.

Soal Pedagogik Dan Pembahasannya Bagian 3


1.    Jelaskan pengertian media pembelajaran & perbedaan dg pengertian alat peraga.
2.    Jelaskan macam media menurut fungsiny.
3.    Sebutkan ciri-ciri alat peraga manipulatif.
4.    Rancanglah sebuah media pembelajaran sederhana untuk pembelajaran  kelas VII semester 1


soal pedagogik,  soal pedagogik dan pembahasannya,  soal pedagogik sd,  soal pedagogik guru sd,  soal pedagogik guru,  soal kompetensi pedagogik,  soal pedagogik smk,  soal pedagogik smp,  soal pedagogik guru sma



Jawaban Soal Pedagogik Bagian 3

1.      Media Pembelajaran adalah Segala sesuatu baik berupa alat fisik yang digunakan sebagai penympai pesan pembelajaran. Perbedaaan media pembelajaran dg alat peraga adalah alat peraga merupakan bagian atau jenis dari media pembelajaran dimana alat peraga mempunayai ciri tidak hany digunakan oleh guru saja tapi bisa dioperasikan & dikontrol oleh siswa & berfungsi untuk memperagakan suatu konsep materi ke siswa.
2.      Macam – macam media pembelajaran mensurut fungsiny adalah pembawa informasi (ilmu pengetahuan) contoh papan tulis, kapur, spidol, jangka, mistar, komputer/laptop, & LCD Proyektor & alat untuk menanamkan konsep contoh alat peraga matematika, lembar kerja
3.      Ciri media manipulatif adalah benda tiga dimensi yang dapat disentuh & digunakan dg tangan oleh siswa.
4.      Rancangan Media Pembelajaran .
Mata Pelajaran    : IPA
Materi                 : Ekosistem (Hubungan antar Mahluk hidup)
Tujuan                 : mengetahui interaksi anta mahluk hidup & lingkunganny
Keterangan         : aerator bisa dipasang & tidak & apa pengaruhny terhadap ikan
Media berupa Aquarium yang berisikan :
-  Ikan koki
-  Hidrilla (tanaman air)
-  Ikan sapu – sapu
-  Ikan koi
-  Aerator 

Soal Pedagogik Dan Pembahasannya Bagian 4


1.  Jelaskanlah pengertian penilaian, pengukuran, & evaluasi dalam pembelajaran matematika!
2.   Jelaskanlah jenis & bentuk penilaian hasil belajar oleh pendidik!
3. Jelaskanlah  tujuan, fungsi, & prinsip-prinsip penilaian dalam proses pembelajaran.
4.   Apakah yg dimaksud dg ketuntasan belajar dalam pembelajaran?
5.  Jelaskan  teknik  penilaian  proses  &  hasil  belajar  pada  kompetensi  sikap spiritual & sosial pada mata pelajaran matematika.
6. Jelaskanlah jenis instrumen & teknik penilaian proses & hasil belajar pada kompetensi pengetahuan & keterampilan.

Jawaban Soal Pedagogik Bagian 4

1.      Pengertian penilaian, pengukuran, & evaluasi adalah sebagai berikut
a) Penilaian adalah proses mengumpulkan informasi/ bukti melalui pengukuran, menafsirkan,  mendeskripsikan, & menginterpretasi bukti-bukti hasil pengukuran.
b) Pengukuran adalah kegiatan membandingkan hasil pengamatan dg suatu kriteria atau ukuran.
c)   Evaluasi adalah proses mengambil keputusan berdasarkan hasil-hasil penilaian.

2.      Jenis & bentuk penilaian hasil belajar adalah :
a)  Berdasarkan fungsiny penilaian hasil belajar dibedakan menjadi penilaian formatif & sumatif
b)   Bentuk penilaian adalah bisa berupa penilian sikap, pengetahuan & keterampilan

3.      Tujuan, fungsi,& prinsip-prinsip penilaian dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut :
a)  Tujuan dari penilaian pembelajaran adalah untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi, menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi, menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi, & memperbaiki proses pembelajaran.
b)  Fungsi dari penilaian adalah untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, & mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.
c)      Prinsip – prinsip penilaian
-     Sahih maksudny mencerminkan kemampuan yg diukur.
-     Objektif maksudny penilaian tidak dipengaruhi oleh subjektivitas penilai.
-     Adil maksudny penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, gender, & hal-hal lain.
-    Terpadu maksudny penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yg tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
-    Terbuka maksudny prosedur penilaian & kriteria penilaian harus terbuka, jelas, & dapat diketa- hui oleh siapapun.
-    Menyeluruh & berkesinambungan  maksudny penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dg menggunakan berbagai teknik penilaian yg sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik atau peserta didik
-    Sistematis maksudny penilaian dilakukan secara berencana & bertahap dg mengikuti lang- kah-langkah baku.
-    Beracuan kriteria penilaian pada kurikulum berbasis kompetensi menggunakan acuan kriteria
-    Akuntabel maksudny penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, mau- pun hasilny.

4.      Ketuntasan belajar adalah capaian yg diperoleh dari seorang peserta didik dalam satu kompetensi dasar & dari seluruh standar kompetensi dalam satu matapelajaran, ketuntasan belajar ini dapat dilihat dari membandingkan nilai yg dicapai oleh peserta didik dg KKM, peserta didik yg mencapai nilai sama dg atau lebih dari KKM mendapatkan predikat tuntas & mendapatkan materi pengayaan, se&gkan peserta didik yg mencapai nilai kurang dari KKM akan mendapatkan materi remidi

5.      Teknik  penilaian  proses  &  hasil  belajar  pada  kompetensi  sikap spiritual & sosial  adalah sebagai berikut :
1) Guru mata pelajaran, wali kelas & guru BK masing-masing mengelom- pokkan (menandai) catatan-catatan sikap pada jurnal yg dibuatny ke dalam sikap spiritual & sikap sosial (apabila pada jurnal belum ada kolom butir nilai).
2) Guru mata pelajaran, wali kelas & guru BK masing-masing membuat rumusan deskripsi singkat sikap spiritual & sikap sosial berdasarkan catatan-catatan jurnal untuk setiap peserta didik.
3) Wali kelas mengumpulkan deskripsi singkat sikap dari guru mata pelajaran & guru BK. Dg memperhatikan deskripsi singkat sikap spiritual & sosial dari guru mata pelajaran, guru BK, & wali kelas yg bersangkutan, wali kelas menyimpulkan (merumuskan deskripsi) capaian sikap spiritual & sosial setiap peserta didik.

Soal Pedagogik Dan Pembahasannya Bagian 5

6.      Jenis instrumen & teknik penilaian pada kompetensi pengetahuan biasany dg tes tertulis, tes lisan, & penugasan, se&gkan pada kompetensi keterampilan biasany dg penilaian praktik, penilaian produk, penilaian proyek, & penilaian portofolio yg dipilih sesuai dg karakter- istik KD pada KI-4.


1.    Sebutkan pengertian tindakan reflektif dalam pembelajaran? Sejauh mana ruang lingkup tindakan reflektif tersebut!
2.     Apa saja tujuan melakukan tindakan reflektif? Jelaskan!
3.     Apa saja teknik atau bentuk tindakan reflektif dalam pembelajaran?
4.     Apa peran evaluasi pembelajaran dalam melakukan tindakan reflektif?
5.    Berdasarkan  jenis-jenis  PTK  dalam  modul  ini,  jelaskan  jenis  mana  yg paling sering dilakukan oleh guru!
6.    Jelaskan jenis PTK menurut model pelaksanaanny!
7.    Jelaskan dg singkat, struktur & isi sebuah proposal PTK yg baik!
8.  Dalam perumusan masalah PTK harus berbeda dari penelitian jenis lainny, di antarany PTK fokus pada bagaimana melakukan tindakan. Jelaskan maksud dari hal ini!

Jawaban Soal Pedagogik Bagian 5

1.  Refleksi pembelajaran adalah kegiatan evaluasi diri guru dalam melihat kegiatan pembelajaran yg sudah dilakukan. Refleksi atau evaluasi ini bisa dilakukan oleh siswa, oleh teman sejawat atau dari hasil analisis tes dari kegiatan pembelajaran. Evaluasi bisa dilakukan secara tertulis maupun lisan.
2. Tujuan dari refleksi adalah mengidentifikasi kekurangan & kelemahan guru dalam mengajar, sehingga bisa dilakukan perbaikan untuk kegiatan pembelajaran berikutny.
3.  Beberapa teknik & bentuk kegiatan refleksi diantarany adalah :
a.       Penilaian guru oleh peserta didik
b.      Evaluasi Pembelajaran
c.       Diagnosis Kesulitan Belajar

4.   Peran evaluasi pembelajaran dalam melakukan tindakan reflektif adalah sebagai berikut :
a) Alat pengukur pencapaian tujuan pembelajaran
b) Alat mendiagnostik kesulitan belajar siswa.
c) Alat penempatan siswa sesuai minat & bakat siswa.
5. Penelitian Tindakan Kelas dalam modul ini yg sering dilakukan oleh para guru adalah Penelitian Tindakan Kelas Partisipan yakni peneliatian yg dimana terlibat langsung dalam proses penelitian sejak awal sampai dg hasil penelitian berupa penyusunan laporan. Selain itu juga PTK yg sering dilakukan guru adalah Penelitian Tindakan Kelas Eksperimental yakni PTK yg diselenggarakan dg cara peneliti (guru) berupaya menerapkan berbagai macam pendekatan, model, metode atau strategi pembelajaran secara efektif & efisien di dalam suatu kegiatan belajar-mengajar

6.   Jenis – jenis PTK menurut model pelaksanaanny :

a.   Kurt Lewin
Terdiri dari (1) Perencanaan (planning), (2) aksi atau tindakan (acting), (3) Observasi (observing), & (4) refleksi (reflecting)
b.   Kemmis & McTaggart
mencakup sejumlah siklus, masing-masing terdiri dari tahap-tahap: perencanaan (plan), pelaksanaan & pengamatan (act & observe), & refleksi (reflect)
c.    John Elliot
Model ini lebih detail & rinci yakni mulai dari ide awal sampai dg penjelasan kegagalan & efekny

7.   Struktur & isi sebuah proposal PTK yg baik adalah sebagai berikut :
a. Judul penelitian,
b. Pendahuluan yg memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan & manfaat penelitian,
c. Landasan Teori yg memuat teori pendukung, kerangka berfikir & hipotesis tindakan,
d. metode penelitian, & menyusun instrumen penelitian

8. Perumusan masalah PTK itu harus berbeda dg perumusan masalah pada penelitian lainny karena pada pelaksanaanny PTK rumusanny PTK tidak berdasar kepada pertanyan mengapa tapi bagaimana selain itu juga penelitian PTK itu berorientasi pada tindakan bukan berorientasi hasil, dg tujuan untuk menyelesaikan masalah yg ada di dalam kelas. 

Demikian Soal Pedagogik Guru Dan Pembahasannya Lengkap dari blog mediailmu, semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Download Button RPP/PTK BISA PESAN DISINI !!
Download Button Download Button Download Button Download Button