Contoh Ptk Lengkap Kelas 6 : Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Menerapkan Metode Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Sekolah Dasar
19_04
Edit
Contoh PTK SD Kelas 6_ Berikut blog mediailmu22 memberikan contoh absatrak dari contoh PTK SD dalam CD Kumpulan PTK mediailmu22 jilid 3. kali ini untuk kelas 6 memakai metode jigsaw dengan judul: Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Dengan Menerapkan Metode Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Sekolah Dasar........
Keterangan Spesifikasi :
- Kode : PTK3--102-SD-VI-IPS-KTSP-JIGSAW
- Judul : Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Menerapkan Metode Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Sekolah Dasar ........
- Jenjang : SD/MI
- Kelas : VI
- Metode : Jigsaw
- Paket : CD Kumpulan PTK SD Jilid 3
- Kurikulum : KTSP
- Mata Pelajaran : IPS
ABSTRAK
............ Suhendri, 2016.
Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial Dengan Menerapkan Metode Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa
Sekolah Dasar
Kekawatiran
bahwa semangat siswa dalam mengembangkan diri secara individual bisa terancam
dalam penggunaan metode kerja kelompok bisa dimengerti karena dalam penugasan
kelompok yang dilakukan secara sembarangan, siswa bukannya belajar secara
maksimal, melainkan belajar mendominasi ataupun melempar tanggung jawab. Metode
pembelajaran gotong royong distruktur sedemikian rupa sehingga masing-masing
anggota dalam satu kelompok melaksanakan taanggung jawab pribadinya karena ada
sistem akuntabilitas individu. Siswa tidak bisa begitu saja membonceng jerih
payah rekannya dan usaha setiap siswa akan dihargai sesuai dengan poin-poin
perbaikannya.
Permasalahan
yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) Apakah
pembelajaran kooperatif model jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif
model Jigsaw?
Sedangkan
tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran
kooperatif model jigsaw terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. (b) Ingin
mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model jigsaw
pada siswa kelas VI SDN Media ilmu 22
Penelitian ini menggunakan penelitian
tindakan (action research) sebanyak
tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan,
kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah
siswa kelas VI SDN Media ilmu 22. Data yang diperoleh berupa hasil tes
formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari
hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan
dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%),
siklus III (89,29).
Simpulan
dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat
berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas VI SDN Media
ilmu 22 serta model pembelajaran ini
dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial.
Kata Kunci: pengetahuan sosial, pembelajaran
kooperatif model jigsaw
Untuk mendapatkan PTK nya secara lengkap s.d lampiran bisa anda dapatkan DISINI atau segera menghubungi CS mediailmu22 di WA/SMS : 081221773848