Cara Agar LULUS UTN Sertifikasi Guru



UTN atau Ujian Tulis Negara untuk sertifikasi guru merupakan hal yang sangat menakutkan bagi peserta PLPG. jika anda merasakan hal yang sama alangkah baiknya anda simak beberapa tips berikut ini.
Sebelum membahas tips agar kita lulus UTN. kita simak dulu aturan tentan UTN PLPG sertifikasi guru sebagai berikut :

UTN PLPG, UTN 2017, sertifikasi guru, sergur
  • UTN dilaksanakan secara daring (dalam jejaring/online) dan diikuti oleh peserta yang telah lulus PLPG.
  • Soal Ujian Tulis Nasional (UTN) dikembangkan secara nasional di bawah kendali KSG.
  • Soal UTN disusun dalam bentuk tes objektif pilihan ganda 4 (empat) opsi dengan mempertimbangkan HOTS minimal level C4 dan mengacu pada kisi-kisi UTN yang telah ditetapkan.
  • Durasi waktu pelaksanaan UTN selama 120 menit dengan jumlah butir menyesuaikan durasi waktu tersebut. apa itu ujian tulis nasional? nilai kelulusan UTN dalam plpg
  • UTN dapat dilaksanakan di LPTK Penyelenggara atau tempat uji kompetensi (TUK) setelah peserta dinyatakan lulus ujian akhir PLPG.
  • Nilai batas minimal kelulusan UTN adalah 80.
  • Peserta yang telah memenuhi batas minimal kelulusan UTN berhak mendapat sertifikat pendidik.
  • Peserta yang belum memenuhi batas minimal kelulusan UTN diberikan kesempatan mengulang UTN pada tahun berikutnya sebanyak 4 kali dalam waktu 2 taun setelah melaksanakan peningkatan kompetensi secara mandiri.
  • Ujian ulang UTN/UKG dilaksanakan di tempat uji kompetensi (TUK) yang ditetapkan Pemerintah.
  • Guru yang dinyatakan lulus PLPG dan memiliki skor UKG 2015 ≥ 80, tidak menempuh UTN/UKG dan langsung diberikan sertifikat pendidik.
Setelah anda memahami aturan UTN seperti di atas maka sekarang kita fahami dulu siapa dan bagaimana proses pembuatan soal UTN.

Kira - kira siapa ya ?.. apakah LPTK penyelenggara, mentor,  dinas pendidikan atau siapa? . kalau anda membaca buku 3 tentang penyelenggaraan PLPG tahun ini maka akan ditemukan bahwa yang membuat soal adalah KSG atau Konsorsium Sertifikasi Guru. tidak asing mungkin istilah ini.

Nah setelah kita tahu siapa yang membuat soal UTN maka kita cari tahu, bagaimana cara membuat soal UTN ?


Ketika kita mau membuat soal baik UTS, ulangan  harian, UAS, bahkan US termasuk juga UN maka hal yang menjadi dasar pembuatan soal adalah kisi - kisi. Dari kisi - kisi ini lah kita bisa mengetahui soal apa yang akan keluar nanti dalam ujian termasuk UTN.

Jadi langkah terbaik agar kita lulus UTN bukan dengan mencari bocoran atau jalan pintas tapi dengan mempelajari kisi - kisi nya. kalau anda sepakat dengan saya silahkan DOWNLOAD KISI - KISI UTN PLPG nya KLIK DISINI

Setelah anda download anda akan menemukan indikator pencapaian kompetensi, disanalah anda akan menemukan "HARTA KARUN BERHARGA" yang insyaallah akan membantu anda lulus UTN.

Semoga artikel mediailmu ini bisa membantu anda. Dan Kita Semua Lulus PLPG dan UTN dengan hasil memuaskan. amin.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Download Button RPP/PTK BISA PESAN DISINI !!
Download Button Download Button Download Button Download Button